Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Coe Kecam Sponsor Utama IAAF

Kompas.com - 13/02/2016, 00:20 WIB

LONDON, Kompas.com - Ketua federasi ateltik internasional (IAAF), Sebastian Coe mengecam keputusan perusahaan makanan Swiss, Nestle untuk menarik diri sebagai sponsor pengembangan program atletik buat anak-anak.

Rabu lalu, Nestle mengumumkan  keputusan tersebut sebagai konsekuensi dari terjadinya beberapa skandal korupsi dan doping di tubuh IAAF. Mereka menganggap kedua hal tersebut dapat merusak reputasi mereka.

Nestle merupakan sponsor utama progarm atletik untuk anak dari IAAF. Mereka telah menandatangani kesepakatan sejak 2012 dalam perjanjian yang akan berakhir tahun ini. Selama lima thaun, Nestle sepakat mengucurkan dana 1 juta dolar AS per tahun.

Setelah keputusan ini, pihak Nestle meminta IAAF menghapus semua merk mereka di situs badan atletik dunia tersebut.

Sebastian Coe yang merpakan pelari kenamaan Inggris pada 1980-an menganggap keputusan Nestle merupakan suatu tindakan munafik. Ia menunjuk  keputusan Nestle yang tetap menjadi sponsor Tour de France meski ajang balap sepeda ini juga pernah diguncang skandal doping.

"Jelas sekali (keputusan) ini tidak berkaitan dengan soal reputasi. Mereka  merupakan mitra kerjasama dengan Tour de France sejak 2001. Mereka tetap memperbarui kontrak meski saat olah raga ini sedang dirundung masalah doping. Saya hanya meresaa ini seperti munafik."

"Kami tak bisa menerima keputusan ini. Banyak anak-anak yang akan menderita," kata Coe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com