Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora Sambut Kemenangan Indonesia di ASG

Kompas.com - 27/11/2015, 20:08 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengucapkan selamat atas keberhasilan kontingen atlet pelajar Indonesia meraih juara umum  ASEAN Schools Games (ASG) 2015 di Brunei Darussalam.

Ini merupakan pencapaian yang membanggakan karena ini merupakan sejarah pencapaian terbaik bagi Indonesia dalam tujuh kali perhelatan pesta olahraga antar atlet pelajar se-Asia Tenggara tersebut.

“Keberhasilan atlet-atlet muda nasional ini menjadi indikasi baik bagi kejayaan olahraga Indonesia. Setelah Indonesia gagal di ajang SEA Games 2015, kini kontingen atlet pelajar menunjukkan taji mereka di level Asia Tenggara. Ini tentu membanggakan dan semoga ini menjadi modal bagi mereka untuk terus meningkatkan prestasi dan mengharumkan nama bangsa di level kompetisi yang lebih  tinggi,” kata Menpora Imam Nahrawi mengomentari keberhasilan Kontingen ASG 2015.

Seperti diketahui, ajang ASG ke-7 di Brunei Darussalam yang berakhir Kamis (26/11) malam, kontingen Indonesia mengokohkan diri sebagai pemuncak klasemen. Posisi Indonesia tak tergoyahkan di posisi teratas dengan perolehan medali 25 medali emas, 24 perak dan 10 perunggu. Malaysia menempati peringkat kedua dengan 20 emas, 14 perak, 22 perunggu dan Thailand dengan 13 emas, 31 perak, 26 perunggu.

“Semoga hasil ini juga menginspirasi atlet-atlet lain bahwa dengan keyakinan dan semangat juang serta berlatih keras, kita bisa meraih hasil terbaik. Mereka harus terus dibina agar potensinya terus berkembang dan sesegera mungkin dapat bersaing dengan para seniornya untuk mendapatkan tempat di ajang yang lebih bergengsi,” tambah Menpora. Nahrawi sendiri sempat memberikan semangat kepada para atlet saat menghadiri acara pembukaan ASG 2015 akhir pekan kemarin.

Dua atlet pelajar Indonesia, Andi Natanegara Halim (kiri) dan Adityastha Rai Wratsangka (tengah) bersama Chef de Mission Kontingen Indonesia, Akhyar Matra (kanan)

Sebelumnya, Chef de Mission (CdM) Kontingen ASG 2015, Ahyar Matra mengatakan, dalam sejarah ikut serta Indonesia di ASG baru tahun ke-7/2015 ini bisa meraih peringkat pertama. "Di tahun 2012 saat Indonesia menjadi tuan rumah ASG pun kita hanya peringkat kedua waktu itu di Kota Surabaya, sesungguhnya peringkat bukan karena faktor tuan rumah, tidak menjadi tuan rumah pun kita diberi berkah dari Allah kita bisa menjadi juara umum tanpa diduga-duga," ujarnya di sela-sela menyaksikan langsung pertandingan bulu tangkis ASG bersama Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam Nurul Qomar.

Menurut dia, Kontingen Indonesia awalnya memang tidak ditargetkan menjadi juara umum melainkan hanya di peringkat tiga besar. "Mulai hari pertama hingga hari terakhir ini posisi raihan medali kita selalu di atas, ini merupakan berkah yang luar biasa dan kita harus mensyukuri itu, meskipun kita juga setiap hari harus bersyukur atas pemberian-Nya," lanjutnya.

Berikut perolehan medali kontingen Indonesia:
Renang 9 emas, 12 perak, 4 perunggu
Pencak Silat  6-4-0
Bulu Tangkis   5-3-3
Atletik  3-3-2
Golf  2-1-0
Sepak Takraw   0-1-1

Klasemen Medali ASG 2015 Brunei Darussalam:
1. Indonesia    25-24-10-59
2. Malaysia     20-14-22-56
3. Thailand     13-31-26-70
4. Vietnam      12-2-10-24
5. Singapura     6-4-10-20
6. Filipina      3-3-1-17
7. Brunei        1-1-3-5
8. Laos          0-1-2-3

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com