Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ihsan Mampu Singkirkan Unggulan Keempat

Kompas.com - 26/11/2015, 15:39 WIB

MAKAU, KOMPAS.com — Ihsan Maulana Mustofa sukses menumbangkan unggulan keempat dari Korea, Son Wan Ho, dengan skor 21-15, 26-24 dan maju ke perempat final Macau Open Grand Prix Gold 2015.

Bermain all out tanpa beban menghadapi unggulan menjadi salah satu senjata Ihsan dalam menaklukkan lawannya tersebut. Kemenangan ini sekaligus menambah keunggulan Ihsan dalam rekor pertemuannya dengan Son. Di kejuaraan Thailand Open Grand Prix Gold 2015, Ihsan juga tercatat mengalahkan Son, juga dalam dua gim langsung, dengan skor 21-12, 21-12.

"Walaupun pernah menang dari Son, saya rasa pressure tetap ada di sisi dia. Karena Son merupakan pemain berkelas, bukan pemain sembarangan, dia juga lebih berpengalaman dan lebih diunggulkan dari saya. Hari ini, saya merasa bermain all out," ujar Ihsan yang ditemui seusai pertandingan.

"Saya bisa tampil sabar dan mencari kesempatan untuk bermain net dan mendapatkan posisi yang enak untuk menyerang. Pokoknya jangan sampai saya hanya bermain bertahan terus. Setelah mendapat pola ini, saya fokus dan tetap konsisten hingga akhir permainan," tuturnya.

Ihsan mengaku sudah mempersiapkan diri sebelum berjumpa dengan Son. Ia telah berdiskusi bersama pelatihnya, Hendry Saputra, soal bagaimana strategi yang tepat untuk "mematikan" lawannya tersebut. Ihsan yang merupakan runner up Thailand Open Grand Prix Gold 2015 ini juga telah mengantisipasi permainan yang dikiranya akan berlangsung rubber game.

"Karena kalah di pertemuan sebelumnya, saya pikir Son pasti akan lebih siap kali ini. Jadi, saya sudah mengantisipasi akan bermain sengit dan berakhir tiga gim, jadi saya sudah siap secara fisik dan mental," ujarnya.

Ihsan merupakan wakil Indonesia kedua yang berhasil lolos ke turnamen berhadiah total 120 ribu dollar AS ini. Sebelumnyam pasangan ganda putri, Della Destiara Haris/Rosyita Eka Putri Sari, sudah melaju. Namun, sayangnya, sektor tunggal putri harus kehilangan wakil lewat kekalahan Linda Wenifanetri atas Sindhu PV (India) dengan skor 17-21, 18-21.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com