Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yao Ming Bantu Beijing Buat Sejarah Baru Olimpiade

Kompas.com - 31/07/2015, 23:12 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Mantan pemain NBA, Yao Ming, ikut dalam tim yang berhasil membawa Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade musim dingin yang akan berlangsung pada 2022.

Kepastian ini diperoleh setelah dalam pengumpulan suara di Kuala Lumpur, Beijing mengalahkan Almaty, ibu kota Kazakhstan, dengan perbandingan suara 44 berbanding 40. Keberhasilan ini membuat Beijing menjadi kota pertama dalam sejarah Olimpiade yang menjadi tuan rumah Olimpiade dua musim. Beijing pernah menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas pada 2008 lalu.

Pengalaman sebagai penyelenggara ajang setingkat Olimpiade 2008 menjadi kunci keberhasilan Beijing mengatasi Almaty. Beijing bahkan menyebut stadion terkenal "Sarang Burung" di sana juga akan menjadi pusat kegiatan pada 2022 mendatang.

Setelah dinyatakan sebagai pemenang, para ofisial Tiongkok langsung bergembira dan berpelukan, termasuk Yao Ming. Sementara itu, di Beijing, kemenangan ini disambut dengan  tarian serta kibaran bendera.

"Akhirnya, kita menang. Namun, ini bukan kemenangan mudah," kata Yao Ming yang pernah bermain untuk Houston Rockets. "Saya sangat yakin dengan kampanye kami. Namun, saat pemilihan, saya tetap kagum dengan apa yang telah kami lakukan," kata Yao lagi.

Pihak Beijing menyebut akan mengucurkan investasi 3,06 miliar dollar AS untuk menyelenggarakan ajang Olimpiade maupun menyiapkan infrastruktur. Ini masih ditambah dengan kucuran dana 5 miliar dollar AS untuk membangun jaringan kereta api cepat dari Beijing ke Zhangjiakou yang merupakan daerah pegunungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com