Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rio Haryanto Belum Maksimal pada Hari Pertama Tes Pra-musim GP2 2015 di Bahrain

Kompas.com - 02/04/2015, 10:21 WIB
SAKHIR, KOMPAS.com - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, belum bisa tampil maksimal pada hari pertama uji coba pramusim GP2 Series 2015 di Sirkuit Internasional Bahrain, Rabu (1/4/2015). Uji coba berangsung selama tiga hari.

Sirkuit yang berlokasi di tengah padang pasir membuat lintasan jadi berdebu dan mobil kehilangan daya cengkeram. Terik matahari dan suhu yang tinggi memperbesar tantangan bagi para pebalap, termasuk Rio yang tampil bersama tim Campos Racing dengan dukungan Pertamina.

Sesi pertama yang berlangsung selama tiga jam dibuka pada pukul sembilan pagi. Kondisi trek yang tidak ideal memaksa para peserta memutar strategi. Mayoritas dari 25 pebalap peserta hanya menyelesaikan installation lap pada awal sesi, untuk mempelajari berbagai setelan mobil.

Hingga sesi pertama tinggal menyisakan satu jam, baru 11 peserta yang membukukan
catatan waktu. Ketika Rio turun pada fase akhir, lintasan masih licin dan ia juga harus menghadapi sejumlah hal tak terduga.

Drag Reduction System (DRS) yang baru dipakai untuk musim ini mengalami masalah elektris. DRS bisa menambah kecepatan hingga 15 km/jam di trek lurus dengan cara membuka sayap belakang, tetapi tidak dibutuhkan saat menikung.

Aktivasi DRS menyebabkan berkurangnya downforce yang diperlukan untuk menambah cengkeraman mobil saat melahap tikungan pada kecepatan tinggi. Sayangnya, sayap belakang Rio tetap terbuka meski pada saat pengereman. Rio pun tidak bisa menghasilkan catatan waktu yang optimal.

Meski demikian, dalam 30 menit terakhir Rio masih mampu memperbaiki lap time miliknya dengan memangkas lebih dari satu detik. Saat sesi pertama usai, Rio menyelesaikan 18 putaran dan bertengger di urutan ke-15 tercepat. Catatan waktu terbaiknya adalah 1 menit 43,347 detik, terpaut 0,868 detik dari milik pebalap tercepat, Mitch Evans.

Setelah jeda selama dua jam, sesi kedua dimulai tanpa peningkatan berarti pada kondisi trek. Di sepanjang sesi sore yang dijadwalkan berlangsung tiga jam, Rio bersama race engineer Emilio Lozano berkonsentrasi pada berbagai setelan mobil.

Juara Formula 3 Inggris 2013, Jordan King, memimpin sesi sore dengan catatan 1 menit 41,494 detik. Rio berada di urutan ke-21 tercepat setelah menyelesaikan 15 putaran dengan catatan terbaik 1 menit 41,494 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com