Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Lee Chong Wei dan Lin Dan, Chen Long Punya Peluang Besar untuk Juara

Kompas.com - 12/12/2014, 15:16 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemain Tiongkok, Chen Long, jadi favorit untuk menjuarai nomor tunggal putra pada Superseries Finals 2014 yang akan berlangsung di Hamdan Sport Complex, Dubai, Uni Emirat Arab, 17-21 Desember.

Dua pesaing utama Chen Long tidak akan ambil bagian pada turnamen yang hanya melibatkan delapan pemain teratas ranking superseries, yang didapat berdasarkan poin yang diperoleh pemain dalam satu musim.

Pemain nomor satu dunia, Lee Chong Wei (Malaysia), tidak bisa ambil bagian karena masih menghadapi larangan bertanding karena tersangkut kasus doping. Absennya Lee membuka jalan bagi Kenichi Tago yang berada di peringkat kesembilan untuk masuk.

Rekan satu tim Chen Long yang juga juara Superseries Finals 2011, Lin Dan, tidak punya cukup poin untuk ikut. Di ranking superseries, Lin Dan berada di peringkat ke-24, meskipun berhasil masuk peringkat ketujuh pada ranking dunia.

Pesaing terberat yang bisa menjegal Chen Long meraih gelar keduanya setelah 2012 adalah Jan O Jorgensen (Denmark). Selain Jorgensen, Denmark punya wakil lainnya yaitu Hans-Kristian Vittinghus.

Jepang juga punya dua wakil yaitu Kento Momota dan Tago. Tiongkok, Indonesia, India, dan Korea Selatan masing-masing punya satu wakil.

Indonesia akan diwakili Tommy Sugiarto. Tahun lalu, anak legenda bulu tangkis Icuk Sugiarto ini lolos ke final, tetapi kalah dari Lee Chong Wei, 10-21, 12-21.

Dari delapan pemain yang akan bersaing menjadi juara, hanya Chen Long yang sudah pernah menjuarai turnamen ini.

Berikut daftar pemain tunggal putra yang akan berlaga di Superseries Finals.
Chen Long (CHN/ranking superseries 1)
Jan O Jorgensen (DEN/3)
Son Wan-ho (KOR/4)
Srikanth Kidambi (IND/5)
Kento Momota (JPG/6)
Hans-Kristian Vittinghus (DEN/7)
Tommy Sugiarto (INA/8)
Kenichi Tago (JPG/9)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com