Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim pecat di Ferrari

Kompas.com - 24/11/2014, 23:39 WIB
MILAN, Kompas.com - Tim F1 Ferrari memutuskan memecat kepala tim, Marco Mattiaci dan mengangkat Maurizio Arrivabene sebagai penggantinya, Senin (24/11/2014).

Mattiaci dilepas dari kedudukannya hanya tujuh bulan setelah pengangkatannya. Sementara Arrivabene menduduki jabatannya, hanya beberapa hari setelah tim dari Italia ini mengikat manyan juara dunia,  Sebastian Vettel.

Keputusan ini juga diambil sehari setelah Ferrari mengakhiri musim
balap 2014 tanpa gelar juara. Ini merupakan kali pertama tim dengan logo kuda jingkrak ini nihil gelar juara sejak 1993.

Arrivabene sendiri bukan orang baru di lingkungan Ferrari. Pada 1997 ia bergabung dengan Philip Morris Interntional, perusahaan yang menjadi sponsor utama Ferrari.

Ia juga menjadi wakil dari semua sponsor ajang Formula 1 dalam komisi F1 sejak 2010.

Kurang dari 24 jam setelah Lewis Hamilton menjadi juara dunia F1 di seri terakhir di Abu Dhabi, pimpinan tim Ferrrari, Sergio Macchione mengumumkan penunjukkan Arrivabene. "Kami membutuhkan seorang yang tidak hanya  memahami Ferrari, namun juga urusan lain."

"Maurizio (Arrivabene) memiliki keunikan dan pengetahuan yang luas. Ia selama bertahun-tahun  dekat dengan (Ferrari) Scuderia dan juga merupakan anggota komisi F1. Ia memahami tantangan yang kami hadapi."

Kedatangan Arrivabene merupakan wujud dari ambisi Ferrari untuk kembali menjadi tim papan atas. Pekan lalu, Ferrari mengumumkan melepas mantan juara dunia Fernando Alonso dan merekrut mantan juara lainnya, Sebastian Vettel.

Alonso, juara dunia 2005 dan 2006, gagal menyumbangkan gelar juara buat Ferrari selama lima tahun. Pada musim ini, ia hanya menempati urutan enam dalam klasemen akhir pebalap. Sementara dalam peringkat pabrikan, Ferrari juga terpental dari tiga besar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com