Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Federer Pastikan Swiss Juara Piala Davis

Kompas.com - 23/11/2014, 23:17 WIB

LILLE, Kompas.com - Roger Federer mengalahkan Richard Gasquet untuk memastikan tim Swiss merebut Piala Davis untuk pertamakalinya, Minggu (23/11/2014).

Federer memastikan Swiss unggul 3-1 dengan mengalahkan Gasquet 6-4, 6-2, 6-2 di partai keempat. Sebelumnya, Swiss mengumpulkan poin melalui Stan Wawrinka dan ganda Wawrinka/Federer.

Federer mengaku sangat senang dapat menjadi penentu kemenangan timnya. "Saya sudah menunggu selama 15 tahun untuk mencapai hasil ini (juara),"kata Federer. "Ini merupakan akhir pekan yang sempurna dalam suasana yang luar biasa dan kami mendapat dukungan dari para penonton asal Swiss."

Gasquet tampil menggantikan Jo-Wilfried Tsonga. Namun ia gagal mengimbangi permainan Federer meski bermain di lapangan tanah liat. Di hadapan 27,488 penonton yang sebagian besar mendukung Gasquet, Federer mampu mendikte lawannya dengan pukulan silang dan mendesak lawannya untuk bertahan di base-line. Ketika sebuah pukulan backhand-nya tidak mampu dikembalikan Gasquet, Federer langsung meluapkan kegembiraanya dengan berlutut.

Dengan keberhasilan ini, Federer tinggal selangkah lagi untuk menyamai rekor Rafael Nadal dan Andre Agassi dengan memenangi 4 gelar juara turnamen grand slam, gelar juara tunggal putera Olimpiade dan Piala Davis. Federer pernah menjadi juara di Olimpiade 2008 lalu, namun di nomor ganda bersama Stan Wawrinka.

Namun Federer tidak peduli soal rekor tersebut. "Tidak ada yang penting sekali buat saya. Yang penting, saya menikmati permainan tenis saya."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com