Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alumnus ITB yang Berkarya di Dunia Formula 1

Kompas.com - 30/10/2014, 12:22 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Indonesia punya banyak anak bangsa yang berprestasi, dengan kiprah hingga ke luar negeri. Salah satunya adalah Stephanus Widjanarko yang menjadi salah satu tim pengembangan dengan tugas mendesain mobil balap Formula 1 bersama tim Scuderia Torro Rosso.

Stephanus merupakan lulusan Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 2004. Tephie, demikian ia akrab disapa, menjadi bagian tim desain Scuderia Toro Rosso dengan tugas mendesain computational fluid dynamics (CFD), aerodinamika di bagian eksternal aero development.

"Saya bertugas untuk merancang bagian depan berdasarkan sisi aerodinamisnya. Secara detail, ini ada pada bagian sayap depan, hidung, forward barge board, tata letak suspensi, dan pelindung ban," ujar Stephanus, dilansir dar laman resmi ITB, Selasa (28/10/2014).

Tim Scuderia Toro Rosso bermarkas di Faenza, Italia, dipimpin direktur teknis James Key. Musim ini, Toro Rosso dibela dua pebalap, Jean-Éric Vergne asal Perancis dan pebalap asal Rusia, Daniil Kvyat. Kedua pebalap tersebut menggunakan mobil Toro Rosso STR9 bermesin Renault Energy F1-2014 1,6 liter, V6, plus turbo.

Sayangnya, Scuderia Toro Rosso tidak terlalu sukses pada F1 musim ini. Tim yang berada di bawah Renault tersebut berada di posisi ketujuh klasemen konstruktor, dengan mengoleksi 29 poin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com