Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Dua Misi Indonesia di Asian Games Korea Selatan...

Kompas.com - 10/09/2014, 09:02 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia akan menjadi salah satu peserta Asian Games XVII di Incheon, Korea Selatan, yang akan berlangsung pada 19 September 2014 sampai 4 Oktober 2014. Selain misi meraup sebanyak mungkin medali, ada misi lain yang juga dibawa kontingen Merah Putih.

Misi kedua selain mendapatkan sebanyak mungkin medali, adalah memastikan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games XVIII pada 2018. "Mudah-mudahan berhasil mewujudkan keinginan menjadi tuan rumah AG 2018," kata dewan penasihat Chief De mission (CDM) kontingen Indonesia ke Asian Games (AG) XVII, Agum Gumelar, Senin (8/9/2014).

Agum mengatakan saat ini sebenarnya Indonesia sudah 90 persen menjadi tuan rumah Asian Games 2018. "Sekarang sedang berusaha mencapai 100 persen. Kita tinggal lobi akhir untuk mencapai itu," ujar dia.

Lobi akhir tersebut, lanjut Agum, ditujukan kepada 45 negara anggota Dewan Olimpiade Asia (OCA). Keputusan soal jadi atau tidaknya Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, kata dia, kemungkinan besar akan diputuskan dalam Kongres OCA yang dijadwalkan berlangsung pada 20 September 2014.

Bila upaya lobi dan keputusan Kongres OCA memastikan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, maka bendera pataka Asian Games akan diserahkan Gubernur Incheon kepada perwakilan Indonesia dalam penutupan Asian Games di Incheon pada 4 Oktober 2014.

"Saya berharap, sepulangnya dari Incheon nanti, tidak hanya medali yang kita targetkan yang kita bawa pulang ke Indonesia, melainkan surat keputusan bahwa Indonesia menjadi tuan rumah Asian games 2018," harap Agum yang antara lain pernah menjadi Ketua Umum Komite Nasional Indonesia itu.

(Glery Lazuardi/Sanusi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com