Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marc Marquez, Si Raja "Kerb"

Kompas.com - 28/08/2014, 10:50 WIB
SILVERSTONE, KOMPAS.com - Tak bisa dibantah lagi, Marc Marquez adalah pebalap hebat. Rider Repsol Honda ini langsung menjadi juara dunia pada debutnya di MotoGP, tahun lalu. Musim ini, dia mencatat 10 kemenangan beruntun dari 11 seri yang sudah digelar.
 
Banyak hal menarik dan unik seputar pebalap yang masih berusia 21 tahun tersebut. Salah satunya adalah kebiasaannya membalap di kerb atau sisi pembatas lintasan, yang posisinya lebih tinggi dengan grip lebih terasa dibanding aspal lintasan yang halus.

Kerb biasanya diberi tambahan warna-warni sebagai salah satu pembeda dengan lintasan. Salah satu tunjuan dibuat kerb adalah sebagai pengingat bagi pebalap untuk kembali ke jalur lintasan. Bahan yang berbeda akan membuat pebalap yang melewatinya sadar bahwa dia telah keluar dari lintasan.

Namun, bagi Marquez, kerb justru sering jadi medan untuk balapan.

"Sekarang semua orang mulai melakukannya juga. Saya suka melewati kerb terutama untuk memotong saat menikung. Mungkin Casey (Stoner) yang memulai ini," kata Marquez.

Lalu, sejak kapan Marquez mulai melakukan kebiasaan ini?

"Di Moto2. Di Moto3/125cc tidak mungkin melakukannya karena ban terlalu kecil dan kamu bisa sangat merasakan (goncangan) saat di kerb, dan kamu tidak bisa mempertahankan kecepatan di tengah tikungan. Di Moto2 saya mulai melakukannya di beberapa tikungan -karena saya melihat Casey melakukannya, sejujurnya!"

"Sekarang di MotoGP jadi semakin mudah, tetapi tergantung dari sirkuitnya dan tipe kerb-nya," lanjutnya.

Jika tidak terbiasa, tentu saja apa yang dilakukan Marquez tidaklah mudah untuk dikerjakan. Marquez melakukannya karena kadang dia merasa lebih menemukan grip ketika berada di atas kerb daripada di aspal.

"Namun, normalnya ini sulit. Di beberapa tikungan, (setelah mencoba) dengan naik scooter pada hari Kamis, saya berpikir 'di sini saya bisa memotong dengan lewat kerb'. Namun, dengan motor balapan ternyata tidak mungkin, jadi saya memakai jalur normal (aspal)," terangnya.

Akhir pekan ini, Marquez datang ke GP Inggris yang merupakan seri ke-12 MotoGP 2014 dengan keunggulan besar yakni 77 angka atas Dani Pedrosa di klasemen sementara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Crash
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com