Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia ke Perempat Final Piala Thomas

Kompas.com - 20/05/2014, 15:43 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com — Tim Piala Thomas Indonesia kembali memetik kemenangan sempurna di babak penyisihan grup A Piala Thomas 2014 dengan mengalahkan tim Nigeria 5-0.

Pada pertandingan sebelumnya melawan Singapura, Hendra Setiawan cs juga menyapu bersih kemenangan dengan skor akhir 5-0.

Melawan Nigeria yang tak diunggulkan, Indonesia tetap turun dengan formasi terbaik dengan menempatkan Tommy Sugiarto di tunggal pertama dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan di ganda pertama. Kedua andalan Indonesia ini menang mudah atas lawan-lawannya yang memang masih beda kelas.

"Secara teknik, mereka cukup bagus kok, bisa mengimbangi. Semoga ke depannya bulu tangkis Nigeria semakin maju dan bisa lebih baik," kata Hendra soal lawannya.

"Penampilan pemain Nigeria cukup lumayan kok. Orang mungkin berpikir kalau Nigeria bulu tangkisnya tidak pernah terdengar. Tapi, permainan mereka cukup bagus, buktinya bisa unggul di benua Afrika dan lolos ke putaran final Piala Thomas," ujar Tommy Sugiarto.

Sementara itu, tiga poin lainnya diraih Dionysius Hayom Rumbaka, Simon Santoso, dan pasangan muda Angga Pratama/Rian Agung Saputro.

"Susunan pemain yang diturunkan adalah keputusan pelatih yang lebih tahu kondisi para pemain. Mengapa diturunkan tim terbaik? Penampilan tim Thomas melawan Singapura masih belum maksimal. Jadi, mereka diturunkan lagi agar bisa menyesuaikan dengan kondisi lapangan," kata Christian Hadinata, manajer tim Thomas.

"Pertandingan ini saya manfaatkan untuk adaptasi lapangan, kemarin memang sudah main, tapi di lapangan yang berbeda. Tiap lapangan kan kondisinya berbeda," ujar Tommy seusai laga.

Dengan kemenangan ini, tim Thomas Indonesia berada di puncak klasemen grup A dan memastikan satu tiket di perempat final. Sementara itu, Thailand berada di posisi kedua, diikuti Singapura dan Nigeria. Pertandingan penyisihan terakhir di grup A akan mempertemukan Indonesia dengan Thailand. Laga ini sekaligus menjadi penentu siapa yang berhak menyandang titel juara grup.

Berikut hasil pertandingan babak penyisihan grup A antara Indonesia melawan Nigeria.
Tommy Sugiarto vs Jinkan Ifraimu Bulus 21-4, 21-12
Dionysius Hayom Rumbaka vs Enejoh Abah 21-8, 21-10
Simon Santoso vs Victor Makanju 21-7, 21-7
Angga Pratama/Rian Agung Saputro vs Jinkan Ifraimu Bulus/Ola Fagbemi 21-13, 21-11
Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs Enejoh Abah/Victor Makanju 21-8, 21-8

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber PBSI
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com