Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tur Rafael Nadal dan Novak Djokovic ke Amerika Selatan

Kompas.com - 26/11/2013, 18:21 WIB
AMERIKA SELATAN, KOMPAS.com - Novak Djokovic berujar dalam canda, tahun ini dia lebih banyak bertemu Rafael Nadal dibandingkan dengan ibunya. Setelah membela Serbia pada laga final Davis Cup melawan Ceko, Djokovic bergabung dengan Nadal, terbang ke Amerika Latin, untuk menjalani beberapa laga ekshibisi, pekan kemarin.

Padahal, baru sekitar 10 hari sebelumnya, mereka bertemu pada final ATP World Tour Finals di London, Inggris, Senin (11/11/2013), yang dimenangi Djokovic dengan 6-3, 6-4.

AFP PHOTO/HECTOR RETAMAL (Kiri ke kanan) Petenis Argentina, David Nalbandian berpose bersama Novak Djokovic (Serbia), Rafael Nadal (Spanyol), dan Nicolas (Massu), setelah laga ekshibisi antara Nadal dan Djokovic, sebagai perpisahan untuk Massu yang pensiun dari tenis profesional.
Pada Kamis (21/11/2013), petenis nomor satu dan dua dunia ini menjalani laga ekshibisi untuk merayakan pelepasan petenis Cile yang pensiun, yakni peraih medali emas Olimpeade 2004, Nicolas Massu. Djokovic memenangi laga ini dengan 7-6(3), 6-4.

Sebelum laga Nadal melawan Djokovic, Massu sempat bertanding melawan petenis Argentina, David Nalbandian. Massu menang 6-4, 6-2. "Ini menyenangkan, menghabiskan hari bersama teman-teman yang baik. Ini juga penghargaan untuk Nico, ini situasai yang spesial," kata Nadal.

AFP PHOTO/MINISTERIO DE TURISMO Petenis Spanyol, Rafael Nadal (kiri) dan petenis Serbia, Novak Djokovic) bermain di atas kapal tongkang yang berlabuh di Perito Moreno Glacier, Jumat (22/11/2013).
Sehari setelah pertandingan tersebut, Nadal dan Djokovic kembali turun pada partai ekshibisi di atas kapal tongkang yang berlabuh di Perito Moreno Glacier, Argentina. Event ini sekaligus jadi ajang promosi daerah tersebut sebagai salah satu tujuan wisata.

"Orang tua saya pernah menyarankan untuk mengunjungi gletser ini," kata Nadal. Petenis kidal asal Spanyol ini juga mengungkapkan perasaannya lewat akun Twitter, "Saya baru saja mengunjungi salah satu tempat paling spektakuler yang belum pernah saya lihat, Perito Mareno! Sangat luar biasa!"

"Saya tidak pernah berpikir akan menemukan tempat indah ini," kata Djokovic.

Pada Minggu (24/11/2013), Nadal dan Djokovic kembali saling berhadapan pada laga ekshibisi, di lapangan tenis yang sesungguhnya, di Buenos Aires, Argentina. Laga ini sekaligus untuk melepas Nalbandian yang juga pensiun sebagai petenis profesional. Kali ini Nadal keluar sebagai pemenang dengan 6-4, 7-5. Mereka juga sempat turun berpasangan, menghadapi Nalbanian dan Juan Monaco.

AFP PHOTO/ALEJANDRO PAGNI Petenis Serbia, Novak Djokovic (krii) berpose bersama bintang film Hollywood, Will Smith (tengah), dan petenis Spanyol, Rafael Nadal, setelah laga Ekshibisi di Buenos Aires, Argentina, Minggu (24/11/2013).
Setelah bertanding, kedua petenis berpose bersama bintang Hollywood, Will Smith yang kebetulan tengah menjalani syuting di Argentina.

Setelah pertandingan, Nadal dan Djokovic dibawa ke stadion La Bombonera, markas klub sepak bola Argentina, Boca Juniors. Pada jeda pertandingan antara Boca dan All Boys yang berakhir 0-2 untuk tim tamu tersebut, kedua petenis yang sudah mengenakan jersey Boca, diarak masuk lapangan.

Mereka juga didaulat melakukan adu tendangan penalti, yang dimenangi Nadal dengan 3-1. Darah sepak bola memang mengalir di tubuh petenis Spanyol tersebut. Sang paman, Miguel Angel Nadal adalah pemain sepakbola yang pernah berdampingan dengan Pep Guardiola dan Ronald Koeman, saat membela Barcelona.

Musim ini, Nadal dan Djokovic bertemu enam kali dalam pertandingan resmi, dengan berbagi kemenangan 3-3. Secara keseluruhan, mereka sudah bertemu 39 kali, dengan rekor 22-17 untuk Nadal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com