Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mick Doohan Balapan Mobil di Race of Champions

Kompas.com - 21/11/2013, 15:12 WIB
GOLD COAST, KOMPAS.com - Legenda MotoGP, Mick Doohan sudah pasti akan ambil bagian pada Race of Champions di Bangkok, 14-15 Desember 2013. Doohan akan bergabung dengan pebalap mobil lainnya, seperti Michael Schumacher (Formula 1), Tom Kristensen (Le Mans 24 Hour), dan Sebastien Ogier (Reli Dunia).

Race of Champions merupakan adu balap internasional yang melibatkan pebalap (aktif atau pensiun) dari balapan terbaik di dunia, seperti Formula 1, World Rally Championship, Nascar, sportscars, dan touring cars.

Balapan ini pertama dilaksanakan pada 1988. Juara balapan ini akan mendapat predikat sebagai "Champion of Champions". Pada 1999, ada tambahan kategori, yakni ROC Nations Cup yang merupakan adu balap antarnegara dengan melibatkan dua pebalap dalam satu tim.

Event ini dilaksanakan di beberapa tempat berbeda dan kali pertama masuk Asia pada 2009, dengan Beijing National Stadium, China, sebagai tuan rumah. Tahun lalu, ROC kembali ke Asia, di Rajamanggala Stadium, Bangkok, Thailand. Tahun ini, Bangkok kembali akan jadi tuan rumah.

"Ini spesial, kembali membalap di Race of Champions dan kembali berpeluang membalap bersama Jamie (Whincup), yang adalah tetangga saya di Gold Coast," kata Doohan. Winchup adalah juara V8 Supercar.

"Tentu saja berat bagi pebalap motor untuk bersaing melawan begitu banyak pebalap mobil yang bagus-bagus, tapi saya tidak akan membiarkan ini jadi kelemahan. Saya tidak terlalu banyak membalap akhir-akhir ini, tapi saya membalap kart di sirkuit di rumah, dan saya punya buggy 600cc, jadi saya akan mengendarainya saat sempat," tutup Doohan.

Di Race of Champions, pebalap bersaing satu lawan satu, dengan sistem round robin, sampai ditemukan dua pebalap terbaik untuk bersaing di super-final. Di nomor Nations Cup, delapan tim akan bersaing dengan sistem yang sama.

Mobil yang digunakan berbeda-beda dari tahun ke tahun. Tipe mobil yang akan dipakai juga ditentukan okeh kedua pebalap dengan tipe mesin sama persis. Dalam penyelenggaraan sebelumnya, setiap pebalap turun dengan beberapa mobil yang berbeda.

Mobil yang dipakai untuk Race of Champions tahun ini antara lain Audi R8 LMS, VW Scirocco Cup, Ariel Atom Car, Toyota GT86, ROC Car, KTM X-Bow, Euro Nascar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber motogp
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com