Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subhan dan Rizal Bersaing di Reli Indonesia

Kompas.com - 11/10/2013, 22:20 WIB
Emilius Caesar Alexey

Penulis

MEDAN, Kompas.com – Dua pereli papan atas nasional, Subhan Aksa dan Rizal Sungkar, akan saling bersaing dalam Indonesia Rally 2013, Sabtu (12/10/2013) dan Minggu (13/10) di Rambosialang, Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Keduanya juga akan menghadapi persaingan ketat dari para pereli seluruh Indonesia.

"Tahun lalu saya kalah dari Subhan pada seri ketiga Kejurnas Reli 2012 di lokasi yang sama. Kini, saya ingin membalas kekalahan itu," kata adik dari pereli Rifat Sungkar, Jumat (11/10) di Medan.

Rizal mengaku sudah mengenal lintasan di Rambosialang pada putaran kedua Kejuaraan Nasional Sprint Reli, yang digelar pekan lalu. Saat itu, Rizal tampil sebagai juara.

"Saya sudah mengenal karakteristik lintasan di sana. Hujan memang jadi halangan utama karena bakal sangat licin. Namun, kami sudah menyiapkan dua panduan untuk lintasan kering dan basah. Strategi pengereman dan pengaturan kecepatan bakal sangat berbeda," kata Rizal.

Rizal kini mengendarai Mitsubishi Evolution X yang spesifikasinya lebih tinggi dibandingkan mobil yang dikendarai Subhan. Subhan mengendarai Mitsubishi Evolution IX.

Reli ini dibagi dalam sembilan etape khusus (special stage/SS). Tiga lintasan disiapkan dan masing-masing bakal  digunakan menjadi tiga SS. Lokasi reli berada di kawasan perkebunan kelapa sawit milik PT London Sumatera.

Sementara itu, Subhan mengaku siap bersaing melawan Rizal dan para pereli lainya, termasuk dua pereli asing, Brian Green dari Selandia Baru dan Daniel Palau dari Kaledonia Baru.

"Saya ingin memenangi ajang ini dan siap bersaing melawan siapapun. Mobil yang saya gunakan juga sudah disetel untuk lomba dalam kondisi basah atau kering," kata Subhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com