Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jago Tuan Rumah Nishikori Tersingkir di Jepang Terbuka

Kompas.com - 05/10/2013, 03:47 WIB

TOKYO, Kompas.com — Unggulan teratas Juan Martin del Potro dan finalis tahun lalu Milos Raonic maju ke semifinal Jepang Terbuka pada Jumat, tetapi bintang tuan rumah Kei Nishikori yang juara bertahan tersingkir.

Mantan juara AS Terbuka del Potro mengalahkan petenis Ukraina Alexandr Dolgopolov 4-6, 6-4, 6-2, sementara unggulan ketiga Raonic menyisihkan petenis Slowakia Lukas Lacko 6-3, 6-3, untuk mencapai empat besar turnamen berhadiah total 1,43 juta dollar AS di Tokyo.

Penonton yang mencapai hampir 9.000 itu langsung terdiam saat 10 kemenangan beruntun Nishikori di lapangan keras Ariake dalam turnamen Jepang Terbuka dan kompetisi Piala Davis itu berakhir.

Unggulan keempat asal Jepang itu dikalahkan 6-7, 7-5, 3-6 oleh petenis Spanyol, Nicolas Almagro.

Del Potro, yang menempati posisi kedua pada 2008, bangkit dengan luar biasa dari kekalahan set pertama dan kehilangan angka servis saat melawan Dolgopolov, untuk maju ke semifinal menghadapi Almagro.

"Saya menemukan segalanya sulit hari ini sejak awal," kata petenis peringkat tujuh dunia del Potro kepada para pewarta. "Dia bisa saja memenangi pertandingan dengan 'break' pada set kedua tapi saya terus berjuang dan menampilkan tenis terbaik saya."

Dolgopolov memberi pujian pada del Potro setelah kekalahan kelimanya dalam lima pertemuan melawan petenis Argentina, yang sedang bermain pada turnamen pertamanya sejak kekalahan mengejutkan di babak kedua AS Terbuka bulan lalu.

Petenis Kanada Raonic, yang dikalahkan Nishikori pada final tahun lalu, hanya memerlukan waktu 62 menit untuk mengakhiri langkah bagus Lacko, yang memenangi undian untuk menggantikan petenis Perancis yang cedera, Michael Llodra, di babak utama.

Petenis peringkat 11 dunia itu akan menghadapi Ivan Dodig pada semifinal setelah petenis Kroasia itu menundukkan petenis Finlandia Jarkko Nieminen 6-2, 7-6 pada perempat final.

Nishikori, petenis tuan rumah pertama yang memenangi Jepang Terbuka tahun lalu hampir tidak bisa bergerak pada akhir pertandingan perempat final yang mendebarkan setelah mengalami masalah pada otot punggungnya.

Nishikori, yang lutut kiri dan pergelangan kaki kanannya dibalut, meminta waktu jeda medis untuk sakit punggungnya saat unggul 2-1 pada set ketiga.

Dengan pergerakannya yang sangat terganggu, dia kehilangan angka dari servisnya yang membuat kedudukan 3-5, sebelum pukulannya menyangkut di net saat kedudukan 0-40.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP/ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com