Selasa, 29 Juli 2014

News / Olahraga

Mantan Juara Dunia Tinju Kelas Berat, Ken Norton, Meninggal

Kamis, 19 September 2013 | 17:33 WIB
AFP PHOTO Petinju Amerika Serikat, Ken Norton (kanan), melakukan pukulan ke arah Muhammad Ali, pada pertandingan 15 ronde perebutan gelar kelas berat, di Yankee Stadium, New York, 9 September 1976.
ARIZONA, KOMPAS.com - Mantan petinju kelas berat, Ken Norton, yang pernah mematahkan rahang Muhammad Ali pada 1973, meninggal dunia di rumah sakit Bullhead City, Arizona, Rabu (19/9/2013) sore waktu setempat, karena gagal jantung.

"Dia menjalani rehabilitasi (karena masalah kesehatan) selama sekitar satu tahun, dan sore ini dia meninggal," kata Patrick Tenore, manajer tinju sekaligus teman almarhum, kepada Reuters. "Dia bukan hanya petinju yang luar biasa, tapi juga seorang manusia yang bijaksana, sopan, dan murah hati."

Norton mulai bertinju di kelas berat saat masih bergabung di korps marinir Amerika Serikat. Dia terjun ke profesional setelah bebas tugas pada 1967.

Pada 1973, dia mematahkan rahang Ali, pada pertemuan pertama mereka, yang mengantar Norton meraih gelar juara versi North American Boxing Federation.

Ali mengatakan bahwa rahangnya retak pada awal pertandingan. Tetapi, Norton mengatakan kepada koresponden Reuters di Meksiko, lebih dari 30 tahun setelah peristiwa tersebut, bahwa dia melancarkan pukulan pada ronde 11 yang membuat rahang Ali retak.

Ali membalas kekalahannya pada pertemuan kedua, sekitar enam bulan kemudian, dan berhasil mempertahankan gelarnya, saat bertemu untuk kali ketiga pada 1976.

Norton mendapat gelar juara dunia dari World Boxing Council dalam turnamen eliminasi, setahun berikutnya. Dia kehilangan gelarnya pada 1978, lewat pertarungan 15 ronde melawan Larry Holmes.
AFP/RICK STEWART/GETTY IMAGES Mantan petinju kelas berat, Ken Norton.
Norton pensiun dari dunia tinju pada 1981, dengan rekor 41 menang (33 KO), tujuh kalah, dan satu seri. Setelah pensiun dia berpindah karier menjadi aktor. Norton tampil di lebih dari 12 acara televisi atau film, termasuk film "Mandingo" pada 1975.

Anaknya, Ken Norton Jr, pernah bermain di National Football League, untuk Dallas Cowboys dan San Francisco 49ers.

Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber: Reuters