Sabtu, 19 April 2014

News / Olahraga

Timnas Basket Putra Indonesia Kalah Tipis dari Palestina

Minggu, 15 September 2013 | 23:36 WIB
PERBASI Timnas basket putra Indonesia (jersey putih), menghadang serangan timnas Palestina saat bertanding pada Islamic Solidarity Games (ISG), di Palembang Sport Convention Center, Palembang, Minggu (15/9/2013).
PALEMBANG, KOMPAS.com - Cabang olahraga basket telah memulai pertandingan meskipun Islamic Solidarity Games (ISG) belum dibuka secara resmi. Pada pertandingan hari pertama, Minggu (15/9/2013),  timnas putra Indonesia gagal membekuk Palestina, usai kalah tipis 66-68 saat, di Palembang Sport Convention Center, Palembang.

Meski kalah postur, timnas Indonesia yang dimotori Xaverius Prawiro, langsung pasang posisi offense. Pada lima menit pertama, Indonesia sempat memimpin 11-8 dengan tembakan tiga angka Xaverius dan Kaleb Ramot Gemilang bergantian. Palestina berbalik menyerang dan unggul 22-20, pada akhir kuarter pertama.

Pada kuarter kedua, tim asuhan Tjetjep Firmansyah semakin percaya diri dengan masuknya shooter andalan timnas, Andakara Prastawa. Timnas Indonesia semakin banyak memperoleh poin dari tembakan tiga angkanya. Sayang, Palestina kembali menutup kuarter kedua dengan keunggulan tipis 39-36.

Memasuki kuarter tiga dan empat, Indonesia mendapat masalah karena tiga anggota tim, yakni Christian Ronaldo, Galank Gunawan, dan Adhi Pratama, mendapat foul trouble. Hal ini dimanfaatkan oleh Palestina untuk lebih banyak mencetak angka dari bawah ring. Indonesia pun kalah tipis dari Palestina dengan skor 66-68.

Pada pertandingan ini, Prastawa menjadi pencetak angka terbanyak, yakni 25 poin. 

Selanjutnya timnas putra akan melawan Saudi Arabia, Senin (16/9/2013). Sedangkan timnas putri baru akan bertanding pada Selasa (17/10/2013), melawan Mesir.

Hasil pertandingan basket hari pertama ISG:
1. Turki vs Arab Saudi (putra): 76-68
2. Indonesia vs Qatar (putri): 88-45
3. Indonesia vs Palestina (putra): 66-68

Penulis: Norma Gesita
Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber: Perbasi