Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delapan Atlet China Gagal Tes Doping

Kompas.com - 21/08/2013, 16:26 WIB
CHINA, KOMPAS.com — Delapan atlet China dinyatakan positif melakukan doping, jelang National Games tahun ini. Pernyataan ini dikeluarkan badan antidoping China, Rabu (21/8/2013). Dua kuarter tahun ini berjalan, sudah ada 12 kasus atlet China yang terbukti memakai doping, sama dengan total sepanjang tahun lalu.

"Jumlah kasus atlet positif doping, meningkat dibandingkan tahun lalu. Hal ini jadi peringatan buat kami," kata He Zhenwen, ketua antidoping China, kepada Xinhua. Demi membela provinsi dan mendapat hadiah, beberapa atlet rela melakukan kecurangan dengan memakai doping untuk memacu performa.

"Selalu ada orang yang mengambil risiko memakai doping untuk manfaat yang tidak fair, jika hasilnya menguntungkan," tambah He. "Sejarah mengajarkan kami bahwa National Games bisa jadi alasan yang bagus untuk melakukan kecurangan."

Juara lari 100 meter National Games 2009, Wang Jing, dikenai sanksi seumur hidup setelah terbukti memakai zat pemacu metabolisme epitestoterone dan testoterone.

Pada 2005, Sung Yingjie, mantan peraih medali perunggu kejuaraan dunia, terbukti positif memakai doping setelah finis kedua pada nomor lari 10.000 meter, hanya sehari setelah menjuarai Beijing Marathon.

National Games tahun ini akan berlangsung di Shenyang, ibu kota provinsi Liaoning, 31 Agustus-12 September.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com