Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ricky Anggawijaya Raih Emas Pertama Indonesia

Kompas.com - 20/08/2013, 21:50 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis

NANJING, Kompas.com - Cabang renang mempersembahkan medali emas pertama Indonesia di ajang Asian Youth Games II Nanjing lewat Ricky Anggawijaya di nomor 100 meter gaya punggung, Selasa (20/8).

Dalam lomba yang berlangsung di Nanjing Natatorium, Ricky merebut medali emas dengan catatan waktu 58.42 detik. Ia mengatasi atlet Taiwan, yang Chunjyao yang merebut medali perak dengan catatan waktu 58.83 detik serta atlet Korea Wong Younjun yang kebagian perunggu dengan catatan waktu 58.90 detik.

Ini merupakan medali emas pertama kontingen Indonesia di ajang Asian Youth Games II 2013 ini. Sebelumnya Indonesia telah merebut medali perunggu yang juga dipersembahkan cabang renang melalui atlet Monalisa Arieswaty di nomor  200 meter gaya kupu-kupu.

Ricky Anggawijaya, perenang asal Jawa Barat memang merupakan satu kekuatan fenomenal dalam satu tahun terakhir. Di beberapa ajang internasional tahun ini seperti ASEAN School di Vietnam serta Asean Age di Brunei tahun  ini, Ricky juga merebut medali emas.

Munculnya Ricky Anggawijaya oleh pelatih nasional Albert C. Sutanto dipandang sebagai satu yang sangat positif. "Di nomor gaya punggung di ASEAN selama ini kita mengandalkan Gde Siman Sudartawa. Dengan adanya Ricky tentunya kita dapat berharap dominasi di nomor ini akan lebih panjang di banyak event," kata Albert.

Di final nomor 50 meter gaya dada, atlet Indonesia Ilham Achmad berada di urutan delapan dengan catatan waktu 30.47 detik.

Dengan perolehan satu emas dan satu perunggu ini, Indonesia sementara menempati urutan 12 Asian Youth Games II/2013 di Nanjing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com