Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rifat Sungkar Peringkat III New England Forest Rally Amerika Serikat

Kompas.com - 28/07/2013, 12:26 WIB
Tri Agung Kristanto

Penulis


NEWRY, KOMPAS.com
- Pereli Indonesia Rifat Helmy Sungkar dengan navigator Steve Lancaster (Inggris) keluar sebagai peringkat ketiga New England Forest Rally (NEFR) di Newry, negara bagian Maine, AS yang berakhir Sabtu (27/7/2013) petang atau Minggu pagi di Indonesia. 

Dalam seri kelima American Rally itu, pereli andalan Amerika Serikat (AS), Ken Block dengan navigator Alex Gelsomino menjadi juara. 

Ken Block/Gelsomino mengendarai Ford Fiesta HFHV berkapasitas mesin 2.400 cc. Mereka dalam menjalani 13 special stage (penggal etape) sepanjang 120 mil (sekitar 139,1 kilometer) mencatatkan waktu terbaik, dengan unggul di enam penggal etape.

Sedangkan peringkat kedua ditempati pereli Inggris, David Higgins dengan navigator Craig Drew yang mengendarai Subaru WRX. Higgins/Drew sebenarnya unggul di tujuh penggal etape dari Ken Block/Alex, tetapi catatan waktu totalnya di bawah pereli AS.

KOMPAS/ TRI AGUNG KURNIAWAN Pereli nasional Rifat Sungkar (paling kanan) ditemani navigator Steve Lancaster (Inggris) menjadi juara ketiga New England Forest Rally (NEFR) di Newry, negara bagian Maine, AS yang berakhir Sabtu (27/7) petang atau Minggu pagi di Indonesia.


Bagi Rifat, yang mengendarai Mitsubishi Evolution X, dan tergabung dalam Fastron World Rally Team, keberhasilannya menjadi juara ketiga di ajang seri Reli Amerika ini, adalah yang kedua. Mei lalu, saat untuk pertama kalinya mengikuti seri ketiga Reli Amerika, Oregon Trail Rally di Portland, Oregon, ia juga menjadi juara ketiga. Saat itu, Rifat didampingi navigator Marshall Clarke dari Inggris.

Juara bertahan NEFR tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2010, Antoine L'Estage/Nathalie Richard (Kanada/AS) gagal menyelesaikan reli itu. Mereka terhenti di penggal etape ke-11, karena roda belakang mobilnya, Hyundai Tiburan dilaporkan patah setelah menabrak batu.

Rifat/Steve sebenarnya bisa meraih podium juara kedua, saat mobil yang dikendarai Block/Gelsomino mengalami kerusakan mesin dan terhenti setelah menjalani penggal etape kesebelas. Padahal, mobil itu harus masuk area servis. Higgins/Drew yang start di belakang mereka pun melewatinya. Rifat/Steve yang melaju berikutnya pun berhenti dan menggeret mobil Block/Gelsomino hingga ke area servis. 

"Reli kan bukan hanya soal mencari kemenangan, tetapi juga ada hubungan kemanusiaan. Ini bukan hanya soal otak, tetapi juga soal hati. Kerusakan seperti itu mungkin saja dialami oleh saya, dan mungkin akan ada pereli lain yang membantu," kata Rifat.

Sikap Rifat itu amat diapresiasi peserta NEFR lain. Bahkan, Ken Block tak henti-hentinya menyampaikan terima kasih. Ia pun meminta secara khusus diabadikan dengan Rifat.

Hadiah untuk pemenang, berupa plakat diserahkan dalam upacara sederhana. Tak ada hadiah uang yang diterima pemenang. Dari 58 peserta NEFR, yang merupakan seri wajib dari tujuh seri Reli Amerika, tercatat hanya 16 tim yang bisa menyelesaikan 13 penggal etape.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com