Senin, 24 November 2014

News / Olahraga

Lima Calon Kuat Juara Dunia MotoGP 2013

Rabu, 17 Juli 2013 | 16:00 WIB
motogp.com Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez tersenyum ceria setelah meraih pole position dengan mencatat waktu tercepat pada sesi kualifikasi GP Jerman, di Sirkuit Sachsenring, Sabtu (13/7/2013).
CALIFORNIA, KOMPAS.com — GP Amerika Serikat akhir pekan ini diwarnai dengan beberapa tanda tanya, seperti apakah Jorge Lorenzo akan ikut balapan. Lalu soal Dani Pedrosa, yang meskipun menyatakan siap bersaing lagi, masih belum ada pernyataan resmi dari Honda seputar kehadirannya di Laguna Seca.

Satu hal yang sudah pasti jelang balapan yang hanya memainkan kelas primer ini adalah munculnya lima pebalap yang jadi calon terkuat untuk menjadi juara dunia di akhir musim.

Marc Marquez, Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, Cal Crutchlow, dan Valentino Rossi adalah lima pebalap yang saat ini menguasai papan atas klasemen, dan masing-masing sudah mengumpulkan poin di atas 100.

Marquez memimpin dengan 138 poin, "hanya" unggul 37 poin dari Rossi di posisi lima dengan 101 poin. Sementara Rossi unggul 27 angka dari Andrea Dovizioso yang kini menempati posisi enam.

Absennya Lorenzo dan Pedrosa pada GP Jerman akhir pekan kemarin membuat persaingan "fast five" memanas.

"Ini bagus. Sangat menarik," ucap Rossi yang pernah tujuh kali menjadi juara dunia di kelas primer. "Lima itu angka yang besar. Kelimanya sangat cepat dan kuat, dengan pengalaman yang cukup untuk menjadi kuat di semua lintasan. Kami punya motor-motor terbaik, saya rasa."

"Jadi sekarang kami jarus melakukan pekerjaan dengan lebih baik. Akan sangat menarik kalau kami semua hanya berselisih 10 poin."

Marc Marquez yang pekan lalu menjuarai GP Jerman mengungkapkan hal yang sama. "Lima pebalap dengan selisih 37 poin ini akan sangat menarik dan bagus untuk kejuaraan. Bagi saya, semakin banyak pebalap yang jadi pesaing akan semakin bagus, jadi saya bisa belajar lebih lagi," aku pebalap 20 tahun yang murah senyum ini.

Dari lima pebalap tersebut, kredit khusus layak diberikan kepada Crutchlow. Dia adalah satu-satunya pebalap yang tidak berasal dari tim pabrikan.

Namun, soal kemampuan, jangan ragukan pebalap Inggris tersebut. Terakhir di Jerman, dia berhasil memenangi persaingan ketat melawan Rossi dan akhirnya finis kedua.

Crutchlow yakin, terlalu sulit untuk memprediksi siapa juara dunia tahun ini. "Ini masih belum jelas. Kamu tidak tahu apa yang akan terjadi pada pekan depan (GP AS). Saya tidak sedang melihat gelar juara dunia, saya ingin naik podium sebanyak mungkin dan memenangi balapan."

Klasemen sementara

1

Marc Marquez

Repsol Honda Team

138

2

Dani Pedrosa

Repsol Honda Team

136

3

Jorge Lorenzo

Factory Yamaha Racing

127

4

Cal Crutchlow

Monster Yamaha Tech 3

107

5

Valentino Rossi

Factory Yamaha Racing

101

6

Andrea Dovizioso

Ducati Team

74

7

Stefan Bradl

LCR Honda

64

8

Alvaro Bautista

Go&Fun Honda Gresini

58

9

Nicky Hayden

Ducati Team

57

10

Aleix Espargaro

Power Electronics Aspar

52

11

Bradley Smith

Monster Yamaha Tech 3

51

12

Michele Pirro

Ducati Test Team/Pramac Racing

36

13

Andrea Iannone

Energy T.I. Pramac Racing

24

14

Randy De Puniet

Power Electronics Aspar

19

15

Hector Barbera

Avintia Blusens

18

16

Danilo Petrucci

Came IodaRacing

15

17

Colin Edwards

NGM Mobile Forward Racing

13

18

Ben Spies

Ignite Pramac Racing

9

19

Yonny Hernandez

Paul Bird Motorsport

6

20

Claudio Corti

NGM Mobile Forward Racing

5

21

Michael Laverty

Paul Bird Motorsport

3

22

Karel Abraham

Cardion AB Motoracing

3

23

Bryan Staring

Go&Fun Honda Gresini

2

24

Javier del Amor

Avintia Blusens

1

25

Hiroshi Aoyama

Avintia Blusens

1




Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber: crashnet