Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpora: Keppres ISG Sudah Masuk ke Presiden

Kompas.com - 11/07/2013, 18:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo mengklaim draf Keputusan Presiden (Keppres) perubahan lokasi "Islamic Solidarity Games" (ISG) 2013 dari Riau ke Sumatera Selatan, sudah masuk ke Presiden.

"Hari ini sudah masuk ke Presiden melalui Sekretaris Kabinet. Hanya menunggu ditandangani," kata Roy Suryo setelah melakukan pertemuan dengan Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin di Jakarta, Kamis (11/7/2013).

Demi memantau dan memastikan draf Keppres baru ISG sudah masuk ke Presiden, Roy juga melakukan komunikasi langsung dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada buka puasa hari ini.

"Kita harus maksimal dalam mengawal Keppres, apalagi sudah diputuskan Palembang, Sumatera Selatan sebagai tuan rumah ISG untuk menggantikan Riau," ujarnya, menambahkan.

Berdasarkan rapat koordinasi lintas kementerian di Kantor Kemenkokesra, Senin (1/7) telah diputuskan jika pesta olahraga negara-negara Islam ini digelar di Palembang, Sumatera Selatan, 22 September hingga 1 Oktober.

Keppres baru pelaksanaan ISG memang sangat dibutuhkan karena akan digunakan sebagai dasar hukum untuk menggunakan uang negara yang salah satunya dari APBN. Khusus untuk ISG, dana APBN yang telah disiapkan adalah Rp 131 miliar.

"Senin kemarin saya dipanggil Presiden. Secara prinsip sudah menyetujui pemindahan ISG dari Riau ke Palembang," ucap Roy.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin mengaku sangat menunggu keluarnya Keppres baru agar langkah yang dilakukan bisa lebih mudah dan tidak melanggar hukum.

"Meski semuanya telah siap, kami tetap membutuhkan anggaran untuk ISG ini. Saat ini kami terus melakukan penghitungan anggaran yang akan digunakan," katanya.

Alex mengaku saat ini pihaknya tidak bisa lagi mengalokasikan anggaran dari APBD. Untuk itu pihaknya akan menyiasati dengan menggunakan dana yang ada dan selanjutnya akan diganti melalui APBN-P.

"Kita butuh cat, penerangan, atau yang lain. Semua butuh dana. Jelas dana yang ada saat ini tidak cukup. Begitu juga untuk pembukaan dan penutupan," tegasnya.

Untuk menambah dana, Alex berharap bisa mendapatkan sponsor seperti yang dilakukan saat SEA Games 2011 lalu. Saat ini proses sponsorship masih dalam pembahasan dengan KOI.

Pesta olahraga negara-negara Islam ketiga ini diikuti 25 negara yang akan berpartisipasi di 13 cabang olahraga, di antaranya sepakbola, voli, basket, wushu, dan atletik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com