Selasa, 29 Juli 2014

News / Olahraga

Kejuaraan Antarklub Anggar Hadir Perdana di Indonesia

Jumat, 28 Juni 2013 | 21:49 WIB
KOMPAS.COM/NORMA GESITA Sekjen PB IKASI Tia Adityasih (kiri), Ketua Umum PB IKASI Rohmad Hadiwijoyo (tengah), dan Kepala Bidang Pembinaan Prestasi PB IKASI Khairuman, memberikan keterangan pers di GOR Pertamina Simprug, Jakarta Selatan, Jumat (28/6/2013)
JAKARTA, KOMPAS.com – Pengurus Besar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (PB IKASI) akan menggelar Kejuaraan Antarklub Anggar, untuk kali pertama pada 30 Juni - 1 Juli 2013. Kejuaraan yang memperebutkan Piala Ketua Umum ini akan dilaksanakan di GOR Pertamina Simprug, Jakarta Selatan.

“Kejuaraan ini untuk mencari bibit-bibit unggul. Diharapkan, dengan adanya kejuaraan ini, akan muncul atlet-atlet anggar baru yang selama ini tidak terlalu kelihatan,” tutur Ketua Umum PB IKASI, Rohmad Hadiwijoyo, saat jumpa pers di GOR Pertamina Simprug, Jumat (28/6/2013).

Kejuaraan antarklub ini dilaksanakan tepat setelah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Anggar yang berlangsung 23-29 Juni 2013. Sampai saat ini, sudah ada 108 atlet dari 28 klub di 11 provinsi yang mendaftarkan diri.

“Kami masih membuka pendaftaran dan masih menunggu klub-klub anggar lain yang ingin ikut berpartisipasi agar lebih ramai lagi,” ujar Khairuman, Ketua Panitia Pelaksana Kejurnas sekaligus Ketua Pembinaan Prestasi (Binpres) PB IKASI.

Uniknya, tak ada batasan umur dalam penyelenggaraan kejuaraan antar klub ini. “Bisa saja pelatih juga turun untuk bertanding. Ini akan menjadi kejuaraan yang seru karena dapat menjadi ajang pembuktian bahwa yang berumur pun masih bisa bermain," kata Tia Adityasih, Sekjen PB IKASI.

Dua kejuaraan yang digelar dalam waktu hampir bersamaan ini merupakan salah satu sarana untuk mewujudkan target berprestasi di tingkat regional dan dunia.

“Mencari bibit unggul untuk ikut bertanding di kelas dunia memang tidak bisa instan, butuh proses. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan kompetisi-kompetisi seperti ini. Saya optimistis dengan semakin banyaknya peminat anggar yang mengikuti kompetisi, prestasi olahraga Indonesia juga akan semakin meningkat,” tandas Rohmad.    

Penulis: Norma Gesita
Editor : Pipit Puspita Rini