Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Federer: Saya Suka Undian yang Berat

Kompas.com - 24/06/2013, 15:52 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Roger Federer mengaku siap berjuang demi mempertahankan gelarnya di Wimbledon. Namun, dia juga sadar, jalan super terjal sudah menantinya.

Lawan-lawan potensial yang harus dia hadapi untuk bisa meraih gelar kedelapan di Wimbledon adalah Rafael Nadal di perempat final, Andy Murray di semifinal, dan Novak Djokovic di final.

"Saya suka undian yang berat. Saya tidak bisa mengelak. Tidak ada yang bisa mengontrol ini. Yang bisa kamu kontrol sebagai petenis adalah siapa lawanmu dan siapa yang kamu hadapai. Saya mendapat undian yang sangat berat dengan Rafa akan jadi lawan di perempat final.

"Fokus saya adalah lawan di babak pertama (Victor Hanescu). Jika kamu ingin menang di turnamen ini, kamu harus mengalahkan yang terbaik. Itulah tujuan saya di sini. Saya sangat senang bisa kembali, tanpa ragu. Ini selalu istimewa," tutur Federer.

Sekitar 10 tahun yang lalu, petenis Swiss ini untuk kali pertama memegang trofi turnamen grand slam dari 17 koleksi miliknya sekarang, setelah mengalahkan Mark Philippousis pada final Wimbledon 2013.

"Ini adalah 10 tahun yang luar biasa. Saya tidak percaya ini jadi sesukses ini dengan proses yang menyenangkan. Saya sangat menikmati saat menjalani tur. Saya sudah bermain dalam banyak pertandingan di mana saya melewati banyak momen luar biasa. Saya sangat bersyukur atas gelar pertama yang saya raih di Wimbledon," tambah ayah dua putri kembar tersebut.

Unggulan ketiga ini memiliki rekor pertandingan 66-7 di Wimbledon. "Saya percaya pada lapangan rumput, semakin sering kamu bermain di atasnya, semakin kamu mengenalnya," tegasnya.

Federer selalu memenangi lima pertemuan dengan Hanescu, yang akan jadi lawannya di babak pertama, Senin (24/6/2013) sore nanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Sumber ATP
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com