Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tommy Lolos ke Final Singapura Terbuka

Kompas.com - 22/06/2013, 16:02 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis

SINGAPURA, Kompas.com - Tunggal putera Indonesia Tommy Sugiarto berhasil lolos ke final Singapura Terbuka Superseries dengan menyingirkan pemain Vietnam, Nguyen Tien Minh, Sabtu (22/6).

Enam kali kalah dari Nguyen Tien Minh ternyata membuat Tommy Sugiarto penasaran dengan pemain asal Vietnam ini. Pada pertemuan di babak semifinal Singapore Open Superseries 2013 siang ini, Tommy akhirnya mampu membayar rasa penasarannya dengan menekuk Tien Minh setelah berjuang rubber game, 20-22, 21-19, 21-15.

"Saya senang sekali bisa lolos ke final superseries, apalagi ini kejuaraan besar, rasanya surprise juga. Ini adalah final superseries pertama saya" ujar Tommy yang tak dapat menyembunyikan kebahagiaannya seperti dikutip badmintonindonesia.

Pertandingan Tommy vs Tien Minh sempat diwarnai aksi protes atas keputusan hakim garis. Tien Minh  menyesali beberapa keputusan hakim garis yang dinilai merugikan dirinya, terutama di poin-poin kritis.

"Tentunya kecewa sekali dengan keputusan wasit dan hakim garis. Poin-poin terakhir sangatlah penting dan saya sempat marah. Hari ini saya kurang beruntung, tapi Tommy memang memiliki kekuatan dan kecepatan yang lebih dari saya" ungkap Tien Minh.

Meskipun di turnamen BWF Tommy tercatat belum pernah menang dari Tien Minh, namun Tommy pernah sekali menang dari pemain rangking 10 dunia ini di Djarum Superliga Badminton 2013 dengan skor 15-21, 21-18, 21-13.

"Walaupun kalah enam kali di turnamen BWF, tapi pada pertemuan terakhir di Superliga saya menang. Makanya saya ingat-ingat pertandingan itu, bagaimana saya bisa menang" tambah Tommy.

"Memang diperlukan kesabaran untuk bisa menang dari Tien Minh. Saya bisa menerapkan strategi dan taktik yang benar. Saat Tien Minh mau buru-buru, saya bisa menjaga tempo permainan dan berkonsentrasi, jadi saya tidak ikut ritmenya dia"  tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com