Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Juara Piala Sudirman 2013

Kompas.com - 26/05/2013, 15:39 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Partai ketiga final Piala Sudirman antara China dan Korea Selatan, yang berlangsung Minggu (26/5/2013) di Putra Stadium Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, mempertandingan nomor ganda putra.

China menurunkan ganda muda Liu Xiaolong/Qiu Zihan, menyusul hasil buruk senior mereka, Cai Yun/Fu Haifeng, yang kalah saat turun di babak perempat final dan semifinal.

Korea menurunkan ganda terbaik mereka, Ko Sung-hyun/Lee Yong-dae, yang selalu menang straight game dari tiga pertandingan sebelumnya.

Ini adalah pertemuan kelima bagi kedua pasangan, dengan rekor sebelumnya berimbang 2-2.

Turun dengan beban harus menang karena negaranya tertinggal dua poin, Ko/Lee gagal mengimbangi permainan cepat lawan. Game pertama berakhir untuk keunggulan China, 21-19, dalam 22 menit.

Liu/Qiu memimpin perolehan poin di game kedua. Mereka akhirnya menyudahi pertandingan dengan 21-19 21-17, sekaligus memastikan China menjadi juara Piala Sudirman 2013, dengan kemenangan 3-0 atas Korea Selatan.

Ini merupakan gelar kesembilan China, atau kelima secara beruntun. Korea menyusul dengan tiga gelar, dan Indonesia satu gelar.

Hasil pertandingan final, China vs Korea Selatan:
Ganda Campuran: Xu Chen/Ma Jin vs Ko Sung-hyun/Kim Ha-na 21-13 21-15
Tunggal Putra: Chen Long vs Lee Dong-keun 21-15 21-10
Ganda Putra: Liu Xiaolong/Qiu Zihan vs Ko Sung-hyun/Lee Yong-dae 21-19 21-17

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com