Jumat, 31 Oktober 2014

News / Olahraga

MotoGP

2013, Tahunnya Pedrosa?

Jumat, 24 Mei 2013 | 15:32 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Tahun ini adalah musim kedelapan Dani Pedrosa membalap di MotoGP. Dari tujuh musim sebelumnya, rider Honda ini belum sekali pun keluar sebagai juara dunia. Pencapaian terbaiknya adalah runner-up 2007, 2010, dan 2012.

Tahun ini, kesempatan untuk mendapatkan gelar juara dunia pertamanya, mulai terbuka. Empat seri berjalan, pebalap Spanyol ini sudah dua kali juara, di GP Spanyol dan GP Perancis. Pedrosa kini memimpin klasemen untuk kali pertama, selama hampir lima tahun terakhir.

Pada 13 Juli 2008, Pedrosa kehilangan posisinya sebagai pemuncak klasemen setelah terjatuh di lintasan basah Sachsenring, Jerman. Pedrosa gagal finis, mendapat cedera, dan kehilangan kesempatan menjadi juara dunia.

Sirkuit Le Mans yang basah, akhir pekan lalu, jadi momen kembalinya rider 27 tahun ini ke puncak. Untuk kali pertama di kelas MotoGP, Pedrosa juara di Le Mans. Kini tinggal tiga sirkuit yang belum dimenangi Pedrosa, yakni Losail Portugal, Circuit of the Americas Austin, dan Silverstone Inggris.

Sukses di Le Mans merupakan gelar kedelapan Pedrosa dari 12 seri terakhir. Keberhasilannya jadi catatan istimewa, mengingat dia start dari posisi keenam. Ini adalah kali pertama dia memulai balapan tidak dari baris terdepan, dalam 16 balapan terakhir. Ini juga jadi posisi start terendahnya yang berakhir dengan gelar juara di akhir balapan.

Dalam perjalanan meraih gelar juara MotoGP ke-24 nya di Perancis kemarin, Pedrosa berhasil mencatat waktu putaran tercepat (fastest lap) yang ke-36. Total, dia sudah 115 kali naik podium, 74 di antaranya di kelas MotoGP, lima lebih banyak dari mantan rekan satu timnya, Casey Stoner.

Angka-angka fantastis sudah didapat Pedrosa, kecuali fakta bahwa dia belum sekali pun menjadi juara dunia. Dengan 14 seri tersisa musim ini, The Little Spaniard telah mengoleksi 83 poin, enam lebih banyak dari Marc Marquez di posisi dua. Mungkinkah ini akan jadi tahunnya Pedrosa?

 


Editor : Pipit Puspita Rini
Sumber: