Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama Tanpa Tiga Bintang

Kompas.com - 19/05/2013, 03:55 WIB

kuala lumpur, kompas - Hari pertama kejuaraan bulu tangkis Piala Sudirman di Malaysia, Minggu (19/5), akan diwarnai laga tanpa tiga bintang yang selama ini menjadi bintang setiap tim. China tak akan diperkuat Lin Dan, Denmark tanpa Peter Gade, dan India minus Saina Nehwal.

Lin Dan, yang selama ini menjadi andalan China, termasuk dalam kejuaraan beregu, absen setelah mengurangi kompetisi seusai Olimpiade London 2012.

Di kubu India, Nehwal, yang seharusnya menjadi andalan untuk selalu meraih poin, gagal tampil karena jari kakinya retak. Tunggal putri peringkat kedua dunia ini sebenarnya tetap memaksakan diri berlatih sebelum Tim India bertolak ke Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat lalu. Namun, seperti diberitakan situs www.dnaindia.com, dokter melarang Nehwal berlatih, bahkan, bertanding di Piala Sudirman.

Kedua tim, China dan India, akan berhadapan pada laga pertama mereka, hari ini. Keduanya, bersama Indonesia, berada dalam subgrup yang sama, yaitu Subgrup 1A.

Tanpa Nehwal, India akan menabrak tembok tebal Wang Yihan dan kawan-kawan dengan mengandalkan PV Sindhu, pemain belia yang baru berusia 17 tahun.

Dua tunggal putri China, Li Xuerui dan Wang Shixian, pernah menjadi korban permainan apik Sindhu. Sindhu mengalahkan Xuerui saat bertemu di kejuaraan Li-Ning China Masters 2012. Tambahan gelar di Malaysia Terbuka 2013 semakin menambah kepercayaan diri Sindhu.

Di tunggal putra, Parupalli Kashyap kemungkinan akan diturunkan menghadapi para pemain utama China, seperti Chen Long atau Du Pengyu. Chen Long pernah merasakan sengatan permainan Kashyap pada pertemuan di kejuaraan Djarum Indonesia Terbuka 2012.

Li Yongbo, pelatih kepala China, yang ditemui wartawan Kompas, Mahdi Muhammad, di Hotel Berjaya, Kuala Lumpur, Sabtu (18/5), enggan membuka kartu tim yang akan diturunkan untuk menghadapi India.

Pertandingan di Subgrup 1D tak kalah menarik. Denmark, yang untuk pertama kalinya tak diperkuat tunggal sang bintang Peter Gade, akan mencoba mengamankan laju mereka menghadapi Singapura. Vicktor Axelsen, pemain muda calon pengganti Gade, akan menjadi salah satu andalan ”Tim Dinamit”, untuk merebut angka dari Singapura.

Tim tuan rumah, Malaysia, yang tergabung dalam Subgrup 1C, akan menjajal kekuatan Taiwan pada laga perdana. Lee Chong Wei akan memimpin petualangan Malaysia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com