Rabu, 3 September 2014

News / Olahraga

Freddy Krueger "Kejutkan" Palembang

Minggu, 5 Mei 2013 | 22:06 WIB

PALEMBANG, Kompas.com -  Atlet asal Amerika Serikat Freddy Krueger membuktikan dominasinya pada nomor jumping setelah pada final Kejuaraan Dunia Ski Air 2013 di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, Minggu sore, mampu mencetak lompatan sejauh 64,1 meter.
    
Freddy yang dikenal dengan julukan "Mr Nightmare" itu mampu memuaskan harapan penonton setelah lima pesaing lainnya tidak mampu melewati angka 60 meter.  Atlet berusia 38 tahun itu mengawali lompatan pertama dengan langsung mencetak 63,4 meter atau berselisih tipis dari raihannya saat babak pendahuluan yang membukukan 63,9 meter langsung disambut sorak-sorai ribuan penonton memadati danau buatan Jakabaring.

Ia yang diunggulkan, sempat kurang percaya diri pada lompatan kedua setelah mencetak hanya  57,6 meter, namun akhirnya mampu menyempurnakan pada lompatan ketiga dengan 64,1 meter.

Raihan pemegang rekor dunia dengan jauh lompatan 75,2 meter (2008) yang hingga kini belum terpecahkan itu, jauh lebih baik dibandingkan penampilannya di Palembang pada seri terakhir tahun 2012 hanya sebatas 59,2 meter.
    
"Sepertinya saya sudah sedikit memahami karakteristik arena, mulai dari arah angin hingga gelombang air danau dan memang saat beraksi cukup bersahabat. Selain itu, memang sejak awal telah memiliki strategi yakni tidak terlalu memaksakan diri pada penyisihan agar tampil maksimal di final," katanya.
    
Ia pun berjanji akan mengikuti setiap seri yang diadakan di Palembang karena terkesan dengan keramahan penduduk setempat. "Palembang merupakan kota paling berkesan selama perjalanan karir saya, sebenarnya ingin membawa keluarga ke sini namun karena nomor slalom tidak dipertandingan maka istri saya yang juga atlet profesional memilih fokus pada pertandingan di Amerika Serikat," ujarnya.

Berdasarkan hasil akhir, menempatkan Damien Sharman (Inggris) pada urutan kedua dengan mencetak lompatan sejauh 60,5 meter setelah dua lompatan lainnya sejauh 56,9 meter dan 52,9 meter, disusul Bojan Schipner (Jerman) pada tempat ketiga dengan 59,7 meter setelah dua lompatan lainnya hanya sejauh 58,8 meter dan 59,5 meter.

Sementara, tiga finalis lainnya yangt terdepak, Scot Ellis (Amerika Serikat) 59,5 meter, Adam Sedlmajer (Ceko) 59,1 meter, dan Joel Wing (Australia) 58,8 meter.
    
Sebanyak 78 orang atlet dari 25 negara akan ambil bagian pada kejuaraan bertajuk "South Sumatera Waterski and Wakeboard World cup 2013" itu yang menjadi seri kedua International Water Ski And Wakeboard Federation (IWWF) memperebutkan hadiah 75.000 dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp675 juta.
    
Setidaknya, empat juara dunia ambil bagian, Freddy Krueger (Amerika Serikat/juara dunia jumping putra), Marion Mathiew (Prancis/juara dunia jumping putri), Harley Clifford (Australia/juara dunia wakeboard putra), dan Herman Beliakou (Belarusia/juara dunia shortboard putra).

 


Editor : A. Tjahjo Sasongko
Sumber: