Kamis, 24 April 2014

News / Olahraga

Menpora Akan Saksikan Kejuaraan Dunia Ski Air di Jakabaring

Senin, 29 April 2013 | 09:24 WIB

Baca juga

PALEMBANG, KOMPAS.com - Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo akan menyaksikan pertandingan pada Kejuaraan Dunia Ski Air dan Wakeboard di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, 3-5 Mei 2013.

"Rencananya Menpora akan menonton secara langsung, namun kepastian mengenai tanggalnya belum didapatkan, apakah akan hadir pada pembukaan atau saat pertandingan final," ujar Ketua Bidang Hubungan Masyarakat Kejuaraan Ski Air 2013 Yasser Arafat di Palembang, Senin.
Ia mengemukakan, ketertarikan Menpora untuk menyaksikan pertandingan ski air lantaran ajang itu akan diramaikan para juara dunia.

"Sebagian besar atlet berperingkat sepuluh besar dunia ambil bagian, seperti Freddy Krueger yang tercatat sebagai pemegang rekor dunia jumping dan juara tahun lalu," katanya.
Ia menambahkan, Indonesia selaku tuan rumah sudah menyiapkan empat atlet yang akan memanfaatkan jatah "wild card".

Keempat atlet yang dipilih Pengurus Besar Persatuan Ski Air Seluruh Indonesia itu, Nur Alimah Priambodo, Febrianto Kadir, Andri Muhammad Febiandi, dan Muhammad Zahidi Putu.
"Peserta kejuaraan ini memang tidak sembarangan karena harus masuk peringkat dunia. Namun, karena Indonesia menjadi tuan rumah maka diberikan kesempatan untuk menampilkan atlet sendiri meski belum masuk jajaran atlet elite," ujarnya.

Kejuaraan Dunia seri di Palembang ini akan mempertandingkan tiga nomor untuk putra dan putri yakni wakeboard, jumping, dan shortboard

Sementara, pada pelaksanaan serupa di Palembang, November 2012 turut mempertandingkan kategori slalom. "Mengenai nomor pertandingan menjadi kewenangan IWWF, seperti tahun ini lebih memilih shortboard dibandingkan slalom. Hal ini yang juga melatari atlet Sumsel Indra Hadinata (peraih emas PON Riau) tidak ambil bagian," ujarnya.

Menurutnya, sebanyak 80 atlet dari 27 negara telah terdaftar sebagai peserta pada kejuaraan memanfaatkan Danau Jakabaring yang berada di tengah-tengah area Kompleks Olahraga Jakabaring.

Ke-27 negara itu, diantaranya, Australia, Jerman, Itali, Korea Selatan, Singapura, Amerika Serikat, Belgia, Prancis, Irlandia, Jepang, Belanda, Rusia, Thailand, Filipina, Kolumbia, Belarusia, Ceko, Finlandia, Chili, Malaysia, dan Indonesia.

Kejuaraan Dunia di Palembang merupakan seri kedua International Waterski & Wakeboard Federation, setelah seri pertama digelar di Mandurah, Australia, 15-17 Maret 2013.

Sumsel memiliki sejumlah agenda olahraga internasional sejak tahun 2012 atau setelah menjadi tuan rumah SEA Games tahun 2011.

Pada 2013, sebanyak dua kejuaraan internasional telah digelar yakni Kejuaraan Internasional Triathlon dan Duathlon (30-31 Maret) dan Kejuaraan Asia Pasifik Voli Pantai (19-22 April).


Editor : Robert Adhi Ksp
Sumber: