Jumat, 18 April 2014

News /

Piala Sudirman, Ajang Pembuktian

Rabu, 17 April 2013 | 03:36 WIB

Baca juga

Jakarta, Kompas - Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia menyambut baik kemenangan pasangan ganda putra Ryan Agung Saputra/Angga Pratama dalam Australia Terbuka 2013 dan Selandia Baru Terbuka 2013. Kendati demikian, kemenangan dalam dua kejuaraan internasional itu belum membuktikan konsistensi pasangan peringkat ke-12 dunia tersebut. Konsistensi baru dapat dibuktikan jika mereka menjuarai Piala Sudirman 2013.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Subbidang Pelatnas Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) Christian Hadinata di Jakarta, Selasa (16/4). Dia mengatakan, kemenangan yang diraih dalam dua pekan terakhir itu sangat menggembirakan.

”Persaingan nomor ganda putra bisa dibilang lebih ketat, terlebih lagi karena keduanya termasuk dalam generasi muda. Tapi, kemenangan ini belum membuktikan konsistensi mereka. Kedua kejuaraan sifatnya try out, bukan target seperti All England, Piala Sudirman, Kejuaraan Dunia, dan SEA Games. Pada Piala Sudirman nanti, tiap-tiap negara akan menurunkan pasangan ganda terbaiknya dan di sana nanti merupakan pembuktian sejauh mana konsistensi mereka,” kata Christian.

Selain Ryan/Angga, pasangan ganda putra lainnya yang dinominasikan berlaga dalam Piala Sudirman 2013 antara lain Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, Ricky Karanda Suwardi/Muhammad Ulinnuha, dan Bona Septiano/Afiat Yuris Wirawan. ”Saya belum bisa memastikan karena masih melihat perkembangan masing-masing. Setelah entry by number nanti tanggal 6 Mei, baru bisa dipastikan ketiga pasangan yang akan diberangkatkan,” kata Herry Iman Pierngadi, pelatih ganda putra pelatnas PB PBSI.

Selain nomor ganda putra, empat nomor lainnya juga akan dipertandingkan dalam kejuaraan yang berlangsung di Stadion Putra, kompleks Olahraga Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, 19-26 Mei, tersebut. Berdasarkan keterangan Kepala Subbidang Hubungan Masyarakat dan Sosial Media PB PBSI Ricky Soebagdja, pihaknya mengunggulkan pula nomor ganda campuran pada kejuaraan beregu campuran tersebut.

Pelatih ganda campuran pelatnas PB PBSI Richard Mainaky, yang ditemui kemarin sore setelah latihan di Cipayung, mengatakan, pasangan ganda campuran yang akan diberangkatkan adalah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Muhammad Rijal/Debby Susanto.

”Keduanya sudah pasti akan diberangkatkan. Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati sedang dilihat seperti apa, sedangkan Praveen Jordan/Vita Marissa masih baru. Selain itu, mereka berada dalam lingkup profesional, bukan berada di pelatnas. Jadi, tidak mungkin mereka yang diberangkatkan,” kata Richard.

Menurut Debby, saingan utama nomor ganda campuran adalah Xu Chen/Ma Jin dan Zhang Nan/Zhao Yunlei. Kedua pasangan asal China itu berada di peringkat pertama dan ketiga dunia. ”Kami sempat bertemu mereka di All England. Di delapan besar, kami menang melawan Xu Chen/Ma Jin, tetapi pada akhirnya kami kalah saat bertemu Zhang Nan/Zhao Yunlei,” katanya. (K05)


Editor :