Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet Rusia Pukul Wakil Amerika di Palembang

Kompas.com - 31/03/2013, 19:10 WIB

PALEMBANG, Kompas.com -Atlet Rusia Nikolai Yaroshenko didiskualifikasi dari kejuaraan internasional bertajuk "South Sumatera International Triathlon ITU Premium Asian Cup 2013" setelah terbukti memukul wajah wakil Amerika Serikat Colin O’brady ketika bersaing ketat pada lintasan lari, di Palembang, Minggu.
    
Colin langsung melaporkan aksi atlet Rusia itu ke panitia pelaksana sesaat setelah tiba di garis finis.
    
Kejadian sempat memanas karena Nikolai beserta rekan satu negaranya Vladimir Turbayevskiy yang menyaksikan kedatangan Colin memasuki finis secara langsung memberikan bantahan. "Apa benar kamu yakin saya yang memukul," kata Nikolai menjawab pernyataan Colin dihadapan perwakilan delegasi teknik Federasi Triathlon Dunia (ITU).
    
Panitia keamanan terpaksa menengahi setelah terjadi percekcokan mulut antara ketiga atlet itu. Perwakilan delegasi teknik pun langsung mendalami aduan dari Colin yang dinyatakan dalam sebuah surat protes tertulis.

Beberapa atlet yang menjadi peserta kategori elite putra pun dimintai keterangan perihal kejadian itu dan membenarkan aksi pemukulan Nikolai terhadapi Colin.  "Ada beberapa atlet yang melihat, dan Nikolai tidak bisa mengelak lagi sehingga dewan juri memutuskan pendiskualifikasian," kata perwakilan Delegasi Teknik ITU Choi.

Sehingga panitia pelaksana menyatakan, hasil akhir menempatkan nama Nikolai pada urutan terakhir dengan keterangan diskualifikasi meski finis pada urutan ke delapan atau lebih dahulu dari Colin yang berada pada urutan sembilan.

Sedangkan peringkat tiga besar ditempati Ivan Tutukin (Rusia) dengan catatan waktu 01:49:37, disusul James Deniss Chronis (Australia) 01:49:48 dan Simon Aguston (Austria) 01:51:07 pada urutan ketiga.
    
Selain kategori elite putra, juga dipertandingkan tujuh kategori lainnya yakni, elite putri, kids triathlon mini sprint (13-15 tahun), coorporate triahtlon sprint, elite junior triathlon (16-19 tahun), age group sprint triathlon (16-19 tahun), triathlon standart distance (19 tahun keatas), dan army and police triahtlon relay.
    
Kejuaraan internasional triahtlon, 30-31 Maret 2013, untuk kali kedua digelar di Sumsel dengan diikuti 338 orang atlet. Sebanyak 28 orang atlet dari 15 negara bertanding pada kategori elite.
    
Panitia pelaksana menyediakan hadiah total Rp1,5 miliar dengan diawali pertandingan duathlon pada Sabtu (30/3).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com