Kamis, 24 Juli 2014

News / Olahraga

Horee.. Bulu Tangkis Tetap Dipertandingkan di Olimpiade 2020

Selasa, 12 Februari 2013 | 21:12 WIB

LAUSANNE, Kompas.com - Kekhawatiran cabang  bulu tangkis akan dicoret dari Olimpiade 2020 ternyata tidak terbukti.

Dewan eksekutif Komite Olimpik Internasional (IOC), Selasa (12/2) menetapkan 25 cabang olah raga utama yang akan diajukan dan disetujui IOC untuk dipertandingkan di Olimpiade 2020.

Bulu tangkis ternyata dicantumkan dalam daftar 25 cabang olah raga tersebut. Cabang lainnya adalah atletik, dayung, bola basket, tinju, kano, balap sepeda, berkuda, anggar, sepakbola, senam, angkat besi, bola tangan, hoki, judo, renang, pentathlon, taekwondo, tenis, tenis meja, menembak, panahan, triathlon, layar dan bola voli.

Dewan eksekutif IOC memutuskan mencoret gulat dari cabang utama. Dengan demikian gulat  harus bersaing dengan tujuh cabang olah raga lainnya untuk masuk dalam Olimpiade 2020. Tujuh cabang tersebut adalah bisbol dan sofbol, karate, sepatu roda, panjat tebing, skuas, wakeboard dan wushu.

Bulu tangkis merupakan satu-satunya cabang olah raga yang pernah menyumbangkan emas Olimpiade  buat Indonesia.  Indonesia meraih emas sejak Olimpiade Barcelona 1992 hingga Olimpiade Beijing 2008. Di Olimpiade London 2012,  Indonesia gagal mendulang medali apa pun di cabang bulu tangkis.

 

 


Editor : A. Tjahjo Sasongko