Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2013, 22:08 WIB

MANILA, KOMPAS.com - Asosiasi Penulis Tinju Amerika (BWAA) menganggap megaduel edisi keempat antara Manny "Pacman" Pacquiao dengan Juan Manuel Marquez pada awal Desember sebagai pertarungan terbaik pada tahun 2012. Karena itu, mereka memilih duel yang berakhir dengan kekalahan KO Pacquiao di ronde keenam tersebut sebagai "Fight of the Year".

"Manny Pacquiao dan Juan Manuel Marquez sudah bertarung empat kali. Pada Desember 2012, di MGM Grand Garden Arena di Las Vegas, poin Marquez tertinggal dan mencatat sebuah pukulan sensasional yang membuatnya menang KO di ronde keenam," demikian pernyataan BWAA yang dikutip Boxing Scene, Senin (28/1/2013).

Kedua petinju sudah merasakan kekuatan pukulan lawan dengan masing-masing jatuh satu kali dalam laga tersebut. Akan tetapi, Pacquiao memiliki momentum yang bagus untuk menutup ronde keenam, dengan penampilannya yang ofensif.

Namun, saat ronde keenam hanya tersisa satu detik, Pacquiao membuat sebuah kesalahan yang fatal. Marquez mendaratkan satu pukulan yang telak di wajahnya, sehingga petinju kebanggaan Filipina itu langsung terkapar dan tak bisa bangun lagi.

Ini untuk pertama kalinya duel antara Pacquiao dan lawannya asal Meksiko itu berakhir dengan sebuah kemenangan mutlak. Dalam tiga pertemuan terdahulu, selalu berakhir dengan kontroversi.

Dan, ini juga untuk pertama kalinya Pacquiao menjadi bagian dari Fight of the Year. Marquez sudah lebih dulu mendapatkan penghargaan serupa ketika dia meraih kemenangan TKO di ronde kesembilan atas Juan Diaz pada tahun 2009.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com