Kamis, 28 Agustus 2014

News / Olahraga

900 Atlet Ikuti Kejuaraan Atletik Piala Panglima TNI

Kamis, 24 Januari 2013 | 10:18 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Sekitar 900 atlet mengikuti Kejuaraan Atletik dan Cross Country Piala Panglima TNI tahun 2013 di Lapangan Krida Wiradhika Secapa AD, Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/1/2013). Dibuka Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Marsdya TNI Daryatmo, kejuaraan ini berlangsung sampai Jumat besok.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan Pusat Penerangan TNI pagi ini dijelaskan, kejuaran ini dilaksanakan sebagai sarana evaluasi prestasi cabang olahraga atletik. Ini juga untuk persiapan atlet ke SEA Games 2013 di Myanmar dan menghadapi Multi Event World Military ke-6 tahun 2015 di Korea Selatan.

Peserta kejuaraan adalah para atlet dari Mabes TNI, Polri, 13 Kotama, Pengprov, Klub/PPLM, dan Pengcab. Pelaksanaannya selain di Lapangan Secapa AD Bandung, juga di Stadion Atletik Padjadjaran, Bandung. 

Panglima TNI dalam amanatnya yang dibacakan Kasum TNI mengatakan, kejuaraan ini sebagai bagian dari pembinaan olahraga atletik nasional, yang didedikasikan pada dua tujuan utama, yaitu integrasi dan prestasi. Intergasi dan prestasi tersebut, kata Panglima TNI, merupakan kata kunci yang harus dipegang teguh para atlet dan para pembina dalam rangka membangun prestasi atletik dan cross country nasional untuk dapat tampil di event atletik internasional.

Lebih lanjut Panglima TNI berharap, para atlet mengikuti kejuaraan ini dengan sungguh-sungguh dan menjunjung tinggi sikap ksatria olahragawan sejati, yang memegang teguh jiwa dan semangat juang, motivasi, dan sportivitas dalam olahraga. Di samping itu, para atlet juga menjadikan kejuaraan ini sebagai wahana, uji kemampuan, ketangkasan, dan keterampilan, serta menempa diri dan membangun integrasi di kalangan atlet muda atletik dan cross country.

Keikutsertaannya ini juga sebagai bekal berharga dalam menghadapi persaingan dan meraih prestasi serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa di masa akan datang. Kejuaraan ini sendiri mempertandingkan nomor-nomor unggulan dalam atletik, antara lain 100 meter putra dan putri, 5.000 meter putra dan putri, estafet 4 x 100 meter putra dan putri, lompat jauh putra dan putri, lempar lembing putra dan putri, serta tolak peluru putra dan putri. 

Di akhir upacara, Kasum TNI, Ketua KONI Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman, dan para perwira tinggi di lingkungan Mabes TNI dan angkatan, serta para pejabat Muspida Jawa Barat melaksanakan penanaman pohon bersama dan pelepasan burung merpati.

 


Penulis: Ratih Prahesti Sudarsono
Editor : Marcus Suprihadi