Sabtu, 30 Agustus 2014

News / Olahraga

Islamic Solidarity

Tim Taekwondo Indonesia Targetkan Tiga Medali Emas

Senin, 21 Januari 2013 | 21:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Taekwondo Indonesia menargetkan perolehan tiga medali emas dalam perhelatan Islamic Solidarity pada tanggal 14-17 Juni 2013 di Riau.  Demikian disampaikan oleh Asisten Pelatih Tim Taekwondo Rahmi Kurniawan di Jakarta, Senin (21/1/2013).

Menurut Rahmi, Tim Indonesia dalam ajang tersebut akan menghadapi lawan yang berat karena diikuti oleh 58 negara yang memiliki tradisi hebat dalam olahraga Taekwondo. "Sebagai tuan rumah kami akan memberikan prestasi yang terbaik bagi Indonesia, walaupun negara-negara pesaing kita di ajang itu seperti Iran dan Jordania sangat berkualitas," papar Rahmi.  

Rahmi menambahkan bahwa Indonesia akan menurunkan seluruh timnya di 16 kelas, supaya bisa menjadi patokan penilaian terhadap anggota tim yang layak mengikuti SEA Games di Myanmar pada tahun ini. "Islamic Solidarity menjadi salah satu uji tanding yang penting bagi para pelatih untuk memantau atlet mana saja dalam tim yang layak dibawa ke Myanmar," tutur Rahmi.

Tim Indonesia yang saat ini dilatih kedua pelatih dari Korea Selatan Lee Duk Hwi dan Shin Seung ini, dalam perkembangan sedang melakukan pelatihan yang khusus bagi beberapa atlet yang masih memiliki kekurangan dalam teknik-teknik kunci dalam taekwondo.  "Biasanya pada pagi dan sore hari latihn difokuskan pada fisik dan teknik tendangan, sedangkan pada malam dari pukul 19.30-21.30 dilakukan evaluasi khusus terhadap masing-masing atlet yang dinilai masih memiliki kekurangan selama mengikuti pelatnas," papar Rahmi.

Saat ini sebanyak 50 atlet Taekwondo yang terdiri dari 10 atlet senior putra untuk kyuruki (tanding), dan 11 atlet putri poomsae (peragaan) dan 29 atlet junior, untuk mengikuti kegiatan pelatnas di Jakarta. Menurut rencana, pada bulan April ini akan diundang para atlet dari korea untuk latih tanding dengan tim taekwondo Indonesia.


Penulis: Fabio Lopes
Editor : Rusdi Amral