Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Armstrong Akhirnya Mengaku "Doping"

Kompas.com - 15/01/2013, 14:12 WIB

AUSTIN, KOMPAS.com — Pebalap sepeda legendaris, Lance Armstrong, akhirnya mengaku menggunakan obat-obatan terlarang sepanjang kariernya dalam wawancara dengan Oprah Winfrey.

Pengakuan Armstrong ini sekaligus menepis semua sanggahan yang dilakukan pebalap sepeda Amerika ini selama bertahun-tahun. Kecurigaan terhadap Armstrong telah membuatnya kehilangan tujuh gelar juara di ajang Tour de France tahun lalu.

Pengakuan ini juga membuka kemungkinan dirinya terkena tuntutan hukum, termasuk dari sponsor utamanya, Nike, yang selama ini mendukung atletnya tersebut.

Ini merupakan wawancara pertama Armstrong sejak gelar juara Tour de France -nya dicabut, Oktober lalu.  Gelarnya dicabut setelah Badan Anti-doping Amerika (USADA) memastikan Armstrong terlibat dalam skandal doping terheboh dalam sejarah olahraga.

Oprah Winfrey akan tampil di acara televisi CBS, This Moring, Selasa ini, untuk berbicara tentang pengakuan Armstrong. Saat mengumumkan hal ini melalui situs pribadi dan jaringan televisi kabel OWN miliknya, Oprah tidak menyebutkan detail wawancara. Melalui Twitter-nya, Oprah hanya menyebut, "Dia (Armstrong) telah siap!"

Juru bicara Armstrong, Mark Fabiani, mengatakan bahwa pihaknya terikat kesepakatan tidak akan membocorkan isi wawancara. "Kami sepakat dengan pihak Oprah untuk tidak berkomentar apa pun  tentang hal ini sampai acara disiarkan. Kami menghormati hal ini."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com