Senin, 22 Desember 2014

News / Olahraga

Hadapi Superliga, Suryanaga Kontrak Pemain Jepang dan Hongkong

Selasa, 8 Januari 2013 | 17:42 WIB

SURABAYA, Kompas.com - Perkumpulan Bulu Tangkis Jaya Raya Suryanaga Surabaya mendatangkan pemain asal Jepang dan Hongkong untuk menghadapi kompetisi Superliga Badminton 2013 di DBL Arena Surabaya, 3-9 Februari.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Suryanaga Sunoto di Surabaya, Selasa (8/1/2013) mengatakan, pebulu tangkis Jepang yang dikontrak untuk memperkuat tim putri, masing-masing Eriko Hirose (tunggal) dan Shizuka Matsuo/Mami Naito (ganda). Sementara untuk sektor putra, Suryanaga mendatangkan dua pebulu tangkis tunggal asal Hongkong, yakni Hu Yun dan Wong Wing Ki.

"Dari lima pemain asing itu, hanya Hu Yun yang pernah memperkuat Suryanaga saat Superliga Badminton 2011," katanya.

Menurut Sunoto, rekrutmen pemain asing tersebut didasarkan pada kebutuhan tim dan kualitas agar bisa bersaing dengan tim-tim lain di Superliga.

Pada Superliga 2011, tim putri Suryanaga yang saat itu diperkuat pemain asal Belanda keturunan China, Yao Jie, tampil sebagai juara. Mereka mengalahkan PB Jaya Raya Jakarta 3-0.

Sedangkan tim putra harus puas sebagai runner up setelah ditaklukkan SGS PLN Bandung yang diperkuat Lee Chong Wei dan Taufik Hidayat, dengan skor tipis 2-3.

"Tahun ini persaingannya jauh lebih ketat, karena banyak klub yang diperkuat pemain-pemain bagus, sehingga kami hanya menargetkan minimal bisa masuk semifinal, baik tim putra maupun putri," tambah Sunoto.

Selain pemain Jepang, lanjut Sunoto, pihaknya juga meminjam pemain lokal dari klub lain untuk memperkuat sektor putri, yakni Ganis Nur Rahmadani (tunggal) dan Lita Nurlita (ganda). Mereka akan melapisi pemain yang dimiliki Suryanaga, seperti Linda Weni Fanetri, Tike Arieda Ningrum, dan Variela Aprilsasi.

Sementara untuk tim putra, Hu Yun dan Wong Wing Ki akan bergabung dengan Sony Dwi Kuncoro, Fauzi Adnan, Alvent Yulianto, Rian Agung Saputro, dan Tri Kusumawardhana.

Kompetisi Superliga Badminton 2013 yang menyediakan total hadiah Rp 1,6 miliar, akan diikuti sebanyak 10 tim putra dan delapan tim putri (termasuk lima tim asing dari Jepang, Korea Selatan dan Malaysia). Event ini menggunakan format pertandingan seperti Piala Thomas dan Uber.

 


Editor : Aloysius Gonsaga Angi Ebo
Sumber: