Senin, 22 Desember 2014

News / Olahraga

Bola Voli

PBVSI Tetapkan Pelatih Timnas Voli

Senin, 10 Desember 2012 | 16:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) telah menetapkan tim pelatih tim nasional bola voli putra dan putri. Daftar nama itu telah diserahkan kepada Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Prima) dan KONI.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PP PBVSI Yamin Nuriman mengatakan, PP PBVSI telah bulat menetapkan tiga pelatih tim putra dan tiga pelatih tim putri. Untuk tim putra, pelatih kepala dipercayakan kepada Ibarsjah Djanu Tjahjono, asisten pelatih Ayub Hidayat, dan trainer Oktavian. Adapun untuk tim putri, pelatih kepala dipercayakan kepada Muhammad Ansori dengan asisten Syamsul Jais dan trainer Agus Irawan.

"Semua pelatih itu kami pandang yang terbaik. Semuanya sudah pernah membawa klub dan sudah berpengalaman. Pelatih lain bukannya tidak layak, tetapi kami harus memutuskan yang tepat untuk semuanya, termasuk kecocokan dengan atlet," tutur Yamin, Senin (10/12/2012) di Jakarta.

Mengapa Ibarsjah? Ibarsjah adalah pelatih tim PON Jawa Timur yang merebut medali emas di PON Riau 2012. Ia juga bertahun-tahun menjadi asisten pelatih di klub Samator Surabaya ketika pelatihnya masih dipegang Li Quijang dari China. Kini, Ibarsjah menjadi pelatih kepala di Samator, klub yang berisi banyak pemain timnas, seperti Bagus Wahyu Ardyanto, Mahfud Nurcahyadi, I Putu Randu, dan libero Veleg Dhani Ristan.

Kendati Ibarsjah gagal membawa Samator menjuarai PGN Livoli Divisi Utama 2012 di Senayan pekan lalu, ia masih dipandang yang terbaik. Pada Livoli 2011, Ibarsjah membawa Samator menjadi juara.

Asisten pelatih, Ayub, pernah membawa timnas Indonesia ke kejuaraan Piala Raja di Dubai dan mampu mengalahkan timnas Thailand. Ayub juga sudah beberapa kali bekerja sama dengan Ibarsjah.

Mengapa Ansori untuk pelatih putri? Ansori adalah pelatih terbaik untuk kategori praktik pada kursus kepelatihan level 2 internasional yang digelar FIVB di Sentul bulan lalu. Ia juga spesialis melatih tim putri dan mampu membawa tim Popsivo Polwan menjuarai Voli Proliga 2012 dan runner-up Proliga 2011.

Pada SEA Games 2011, Ansori menjadi asisten pelatih tim putri. Pelatih kepala waktu itu adalah Viktor Laiyan.

Untuk trainer, orang yang dipilih adalah mereka yang dipercaya dan dihormati serta disegani para atlet. Oktavian yang saat ini menjadi asisten pelatih tim Bank Sumsel Babel dikenal dekat dengan para atlet nasional. Ia pun mantan atlet nasional dan paham menghadapi atlet-atlet.

Adapun Agus Irawan yang saat ini menjadi pelatih kepala di Bank Sumsel Babel, pada SEA Games 2011 juga menjadi trainer di tim putri. "Ada kandidat yang juga bagus, yaitu Sigit Ari Widodo. Namun dia belum pernah memegang tim putri. Kami harus memilih, Sigit atau Agus. Lalu kami putuskan Agus karena pengalaman melatih tim putri," tutur Yamin.


Penulis: Susi Ivvaty
Editor : Nasru Alam Aziz