Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sembilan Agenda Besar untuk Promosikan Pariwisata Indonesia

Kompas.com - 09/12/2012, 14:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sembilan agenda utama atau "mega event" disiapkan pada 2013 untuk mempromosikan pariwisata Indonesia baik di dalam maupun  luar negeri. "Tahun depan, kami siapkan 9 mega event yang akan kami ikuti sebagai bentuk promosi pariwisata Indonesia," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar di Jakarta, Sabtu (8/12/2012).

Menurut Sapta, dari sembilan kegiatan itu, tiga di antaranya dilakukan di luar negeri. Salah satu yang akan dilakukan rencananya Indonesia akan menjadi "country partner" untuk acara bursa pariwisata terbesar dunia yakni ITB Berlin di Jerman pada 6-10 Maret 2013.

"Dua kegiatan lain di luar negeri adalah Cruise Shipping Miami di Amerika pada Maret 2013 dan International Meeting Exhibition di Frankfurt Jerman pada Mei 2013," katanya.

Enam kegiatan lain dilakukan di dalam negeri yakni Musi Triboatton II di Palembang, Sumatera Selatan, pada November 2013 dan Semarang Marathon di Jawa Tengah pada Juni 2013. Selain itu, Wisata Ziarah di Surabaya, Jawa Timur, pada September 2013 dan Tour de Singkarak V di Sumatera Barat pada Juni 2013.

Dua kegiatan besar lain adalah Sabang International Regatta II di Sabang, Aceh, pada September 2013 dan Festival Timoresia II di Ambon, Maluku, Oktober 2013.

Dana promosi 9 kegiatan besar tahun depan itu dibebankan pada Ditjen Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf. Anggaran Ditjen Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf pada 2013 direncanakan sebesar Rp 607,700 miliar yang akan digunakan untuk program-program promosi pariwisata, peningkatan pencitraan Indonesia, sekaligus pengembangan pasar dan informasi soal Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com