Jumat, 31 Oktober 2014

News / Olahraga

Indonesia Tuan Rumah Kejuaraan Bola Tangan

Senin, 3 Desember 2012 | 06:40 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com-Indonesia akan menjadi peserta sekaligus tuan rumah penyelenggaraan Kejuaraan Bola Tangan Putri se-Asia ke-14 yang berlangsung tanggal 7-16 Desember 2012 di Gelanggang Olah Raga Universitas Negeri Yogyakarta. Kejuaraan bola tangan bergengsi ini akan diikuti 12 negara di kawasan Asia.            

Sekretaris Jenderal Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Andi Zamzam mengatakan, dalam kejuaraan ini tim bola tangan putra Indonesia akan berhadapan dengan tim-tim papan atas Asia seperti Korea Selatan, Jepang, China, Kuwait, Iran, Korea Utara, Taipei, Kazakstan, India, Uzbekistan, dan Turkmenistan.            

"Untuk kejuaraan ini, target kita masih sekedar ikut berpartisipasi. Prinsipnya, ajang kejuaraan bola tangan se-Asia ini sebagai sarana pengenalan agar makin banyak orang Indonesia suka bermain bola tangan," ujarnya, awal pekan di Yogyakarta.            

Tim bola tangan putri Indonesia yang akan terjun dalam kejuaraan ini berasal dari sejumlah daerah, seperti Padang, Yogyakarta, Bandung, dan Jakarta. Sebelum bertanding, mereka berlatih penuh selama 20 hari dalam tim.            

"Kami optimistis, dalam tiga tahun ke depan tim bola tangan Indonesia akan berkembang. Karena itu, momen kejuaraan tingkat Asia ini harus benar-benar dimanfaatkan untuk mendongkrak prestasi," kata Andi.            

Pada kegiatan ini, masing-masing tim minimal akan bertanding sebanyak tujuh kali. Selanjutnya, tiga tim pemenang dalam kejuaraan ini akan mewakili Asia pada kejuaraan dunia bola tangan di Serbia tahun 2013 mendatang. Indonesia, khususnya Yogyakarta terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kejuaraan Bola Tangan Putri Asia ke-14 dalam acara Underdeveloped Countries of Handball Meeting di Jakarta tanggal 10-13 Mei lalu.

Dari 33 provinsi di Indonesia, Yogyakarta akhirnya ditetapkan sebagai lokasi perhelatan kejuaraan bola tangan se-Asia karena memiliki GOR representatif di tengah kota dengan segala macam fasilitas pendukung yang layak.            

Koordinator Bimbingan Prestasi dan Hubungan Luar Negeri ABTI Mustafa Masyhur mengatakan, saat ini tim bola tangan Indonesia putra maupun putri menduduki ranking ketiga di Asia Tenggara. Sementara itu, khusus pada kejuaraan bola tangan putri se-Asia, Indonesia baru pertama kali menerjunkan tim bola tangan putri.


Penulis: Aloysius Budi Kurniawan
Editor : Tjahja Gunawan Diredja