Kamis, 23 Oktober 2014

News / Olahraga

Pelatih Tinju Legendaris Meninggal Dunia

Jumat, 26 Oktober 2012 | 09:16 WIB

DETROIT, Kompas.com - Emmanuel Steward, pelatih yang pernah menangani Lennox Lewis dan Thomas Hearns meninggal dunia, Kamis

Steward meninggal dunia di usia 68 setelah menjalani operasi di rumah sakit di Chicago. Saudara perempuannya, Diane menggambarkan perjuangan Steward mengatasi penyakitnya lebih hebat daripada pertarungan legendaris Thomas Hearns dan Marvin Hagler pada dekade 1980-an.

Steward diketahui sakit setelah posisinya digantikan oleh Johanthon Banks untuk menangani persiapan juara dunia tinju kelas berat asal Ukraina, Wladimir Klitschko yang akan bertarung bulan depan.

Banks men-tweet berita kematian Steward yang langsung direaksi oleh kubu Klitschko. "Dunia tinju kehilangan besar dengan kematian Emmanuel Steward. Istirahatlah Emmanuel, kami sangat merindukanmu."

Mantan juara dunia asal Inggris, Lennox Lewis yang juga pernah ditangani Steward juga mengaku sedih dengan kepergiannya. "Hari ini merupakan hari yang sangat menyedihkan."

Steward merupakan mantan petinju amatir yang pernah meraih sarung tinju emas pada 1963.  Setelah pensiun ia mendirikan sasana tinju "Kronk" di Detroit,  yang menghasilkan juara dunia  seperti Hilmer Kenty (1980) dan yang paling terkenal adalah Thomas Hearns.

Hearns merupakan satu legenda tinju dekade 1980-an bersama nama-nama besar seperti Sugar Ray Leonard, Marvin Hagler dan Roberto Duran.  Ia menjadi juara dunia di enam kelas.

Meski sasana "Kronk" yang legendaris sudah ditutup, Steward tetap menghasilkan petinju-petinju profesional yang bermutu.

 


Editor : A. Tjahjo Sasongko
Sumber: