Jumat, 25 April 2014

News / Olahraga

Chris John Jalani Latih Tanding Terakhir

Kamis, 25 Oktober 2012 | 15:46 WIB

Baca juga

SEMARANG, Kompas.com - Pemegang gelar Super Champion kelas bulu WBA Chris John tinggal satu kali menjalani latihan dengan mitra tanding untuk persiapan menghadapi Chonlatarn Piriyapinyo (Thailand) di Marina Bay Sands Singapura, 9 November 2012.
     
Petinju dengan rekor bertarung 47 kali menang (22 di antaranya dengan KO) dan dua kali seri ketika dihubungi dari Semarang, Kamis, mengatakan, dirinya masih latihan dengan mitra tanding satu kali yaitu pada Jumat (26/10).
     
Setelah itu, kata petinju berasal dari Kabupaten Banjarnegara, Jateng tersebut, dirinya konsentrasi menjaga kondisi tubuh dan penurunan berat badan.
     
"Berat badan saat ini terkontrol dengan baik artinya sesuai dengan program yang ditetap pelatih," kata petinju yang terakhir kali mempertahankan gelar saat menang dengan angka mutlak atas petinju Jepang, Shoji Kimora di Singapura, 5 Mei 2012.
     
Ketika ditanya soal keberangkatan ke Singapura, suami mantan atlet wushu Jateng Anna Maria Megawati tersebut mengatakan, belum tahu secara pasti soal rencana keberangkatannya ke "Negeri Singa" tersebut.
     
"Kemungkinan besar satu minggu sebelum pertarungan baru saya berangkat ke Singapura," kata ayah dua putri (Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani) tersebut.
     
Pertarungan melawan petinju Thailand mendatang merupakan pertarungan ke-17 untuk petinju dengan julukan The Dragon tersebut guna mempertahankan gelar yang direbut sejak sembilan tahun lalu.
     
Saat itu, Chris John berhasil mengalahkan petinju Kolombia, Oscar Leon, melalui pertarungan ad-interim di Bali, 26 September 2003.
     
Sebanyak 16 kali pertarungan yang dijalani petinju yang tergabung dalam Sasana Herry’s Gym Perth, Australia itu, lima di antaranya dengan tarung wajib atau "mandatory fight" dan 11 kali melalui pertarungan pilihan.
     
Sebanyak lima pertarungan wajib yangb dijalani Chris John adalah melawan Jose Cheo Rojas (Venzuela), Juan Manuael Marquez (Meksiko), Derrick Gainner (Amerika Serikat), Roinet Caballero (Panama), dan Hiroyuki Enoki (Jepang).
     
Bahkan, setelah memenangkan pertarungan melawan Hiroyuki Enoki di Jepang, 24 Oktober 2008, tersebut Chris John mendapat gelar Super Champion karena berhasil mempertahankan gelar sebanyak 10 kali tanpa putus.
     
Sebanyak 11 pertarungan pilihan yang dijalani Chris John adalah melawan Osamu Sato dan Zaiki Takemoto (Jepang), Jose Rojas (Venezuela), Tommy Brouwn (Australia), Renant Acosta (Panama), dua kali melawan Rocky Juarez (Amerika Serikat).
     
Selain itu, melawan Fernando Saucedo (Argentina), Daud Yordan (Indonesia), Stanyslaw Merdov (Ukraina), dan terakhir melawan Shoji Kimora (Jepang) di Singapura, 5 Mei 2012.

 


Editor : A. Tjahjo Sasongko
Sumber: