Alberto Contador: Armstrong Masih Punya Jasa - Kompas.com

Alberto Contador: Armstrong Masih Punya Jasa

Kompas.com - 25/10/2012, 09:05 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Pebalap sepeda Spanyol, Alberto Contador, menunjukkan dukungan bagi Lance Armstrong yang baru saja kehilangan tujuh gelar Tour de France setelah dianggap positif melakukan program doping selama bertahun-tahun.

"Bagi saya, Lance Armstrong diperlakukan dengan tidak hormat," ujar Contador, juara dua kali Tour de France yang baru saja selesai menjalani hukuman dua tahun akibat doping Agustus lalu.

"Dalam pandangan saya, Armstrong sangat dipermalukan. Dia sedang dihancurkan," kata pebalap yang tergabung dalam tim Saxo Bank-Tinhoff itu.

Meski selama menjadi rekan satu tim Armstrong saat keduanya memperkuat tim Astana hubungannya tak terlalu baik dengan pebalap sepeda AS itu, Contador mengaku heran dengan proses penyidikan kasus doping ini.

"Saat ini, semua membicarakan Armstrong, tetapi tak pernah digelar tes baru atau apa pun," lanjut Contador.

"Penyelidikan ini hanya berdasar kesaksian yang mungkin sudah dibuat sejak 2005 lalu," dia menambahkan.

"Saya menghormati keputusan setiap pebalap, tetapi jika bisa memilih, saya ingin terjadi lebih awal," Contador menyambung.

Bagaimanapun, ujar Contador, Armstrong memiliki peran besar dalam memopulerkan balap sepeda, setidaknya di Amerika Serikat.

"Saya tak tahu jika memang ada bukti kuat. Yang saya tahu, kita harus berterima kasih kepadanya karena memopulerkan balap sepeda di AS," katanya.

"Jika warga AS mengetahui Tour de France, itu adalah jasa dia. Jika ada tim besar dan melakukan balapan di AS, itu jasa dia," Contador menegaskan.

Terlepas dari kasus Armstrong ini, Contador menilai sistem pemeriksaan doping sudah cukup memadai dan tak perlu diperbarui.

"Tak perlu ada perubahan untuk saat ini. Tes (doping) yang kami jalani sudah cukup memadai," Contador mengatakan.

Soal banyaknya orang yang meragukan "kejujuran" seorang pebalap sepeda, Contador bisa memahaminya.

"Saya katakan, mereka harus percaya bahwa banyak pebalap sepeda yang bisa memenangkan lomba tanpa bantuan apa pun, termasuk di Tour de France," kata Contador menyudahi komentarnya.

 

EditorErvan Hardoko
Komentar