Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Djokovic Gagalkan Hattrick Murray

Kompas.com - 15/10/2012, 05:25 WIB

Shanghai, Minggu - Novak Djokovic akhirnya tampil sebagai juara Shanghai Rolex Masters dan menggagalkan usaha Andy Murray untuk mencetak hattrick, tiga kemenangan berturut-turut di turnamen tersebut. Di final, Minggu (14/10), Murray menyerah 7-5, 6-7 (11), 3-6.

Murray, yang tampil penuh percaya diri, unggul pada set pertama karena servisnya yang mematikan plus forehand menyilang ke pojok daerah lawannya.

Di set kedua, Djokovic tetap tenang dan terus bermain sebaik mungkin. Petenis Serbia ini pun terus mengejar ke mana pun Murray mengarahkan bola. Meski tertinggal 3-5, Djokovic pantang menyerah dan bangkit merebut dua gim berikutnya guna menyamakan skor 5-5.

Sebaliknya, kehilangan dua angka terakhir untuk memenangi pertandingan membuat Murray terpukul. Petenis Skotlandia itu membanting raketnya hingga terpental jauh. Namun, kemudian dia bisa berkonsentrasi lagi ke pertandingan.

Djokovic kemudian berbalik unggul 6-5, tetapi Murray yang mengandalkan servisnya yang sangat bagus langsung membalas.

Tie-break berlangsung sangat ketat karena mereka sama-sama berpeluang menutup set itu setelah unggul lebih dulu di atas skor tujuh. Namun, akhirnya Djokovic memenangi pertandingan mental itu, 13-11, setelah Murray kesakitan dan memegangi pahanya setelah dipaksa bergerak cepat untuk mengejar pengembalian bola Djokovic.

Pertandingan set ketiga bak antiklimaks karena Murray kesulitan berlari dan tidak lagi memaksakan diri untuk mengejar bola-bola lawannya. Alhasil, Djokovic pun unggul mudah 6-3 dan menyudahi pertandingan dalam 3 jam, 21 menit.

Bagi Djokovic, kemenangan itu adalah kemenangan kedua beruntun di China. Pekan sebelumnya, dia menjuarai turnamen Beijing Terbuka. Kemenangan itu juga membalas kekalahan petenis Serbia itu di final AS Terbuka, bulan lalu. Saat itu, Murray unggul setelah berduel lima set.

Sementara itu, setelah kekalahannya di semifinal dari Murray, petenis putra nomor satu dunia, Roger Federer, dalam jumpa pers menegaskan, siap memberikan apa pun agar dapat menyelesaikan tahun ini dengan menyandang status petenis nomor satu dunia.

”Untuk mencapai itu, perlu upaya sangat keras untuk memenangi turnamen di Basel, Paris, dan London. Saya akan berusaha, tetapi saya tetap rileks menyikapi itu. Saya akan memberikan apa pun yang saya bisa,” ujar Federer yang lahir di Basel, Swiss.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com