Senin, 20 Oktober 2014

News / Olahraga

Senam

Palembang Gelar Kejuaraan Asia Senam Aerobik

Senin, 8 Oktober 2012 | 09:04 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Sebanyak 135 pesenam aerobik darin 10 negara mengikuti Kejuaraan Asia Senam Aerobik di Palembang, 17-21 Oktober 2012, kata Ketua Pelaksana Dhennie Zainal.

"Panitia telah melakukan registrasi ulang dan sebanyak 135 pesenam telah memastikan ikut serta," kata Dhennie ketika ditanya kesiapan Sumsel menjadi tuan rumah di Palembang, Senin (8/10/2012).

Ia memaparkan, ke-10 negara yang berpartisipasi rata-rata mengikutkan sebanyak 8-10 peserta. Sementara, Indonesia selaku tuan rumah akan mengirimkan 24 atlet senam, salah satunya Claudio dari DKI Jakarta.

"Sebanyak 10 medali emas akan diperebutkan dari nomor individual putra putri kategori pair, mix (ganda campuran), trio dan grup," ujarnya.

Kejuaraan yang bertajuk "The South Sumatera Governor Cup, Aerobic Gymnastics 2012 3rd Asian Championships, Asian Age Group 1 Competition" itu akan digelar di arena eks SEA Games XXVI di Gedung Ranau Jakabaring.

Negara yang berpartisipasi di antaranya, Indonesia, Iran, Jepang, Vietnam, Mongolia, Fhilipina, Thailand, Sri Lanka, China, Hongkong dan India.

"Korea batal hadir karena bebarengan dengan ajang aerobik tingkat nasional. Australia juga ingin ikut, tapi tidak mendapatkan persetujuan dari federasi senam Asia," katanya.

Ia menambahkan, ajang senam aerobik di Palembang itu menjadi sejarah di Asia, mengingat untuk kali pertama diikuti sepuluh negara.

"Semua zona di Asia ikut serta baik dari Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Tengah, dan Asia Barat. Sementara pada saat digelar pertama kali di Filipina hanya diikuti tiga negara, begitu pula pada saat di Vietnam. Rencananya pada tahun depan di Singapura," ujarnya.

Sementara, Ketua Persatuan Senam Seluruh Indonesia Sumsel Nasrun Madang mengatakan persaingan pada kejuaraan itu akan berlangsung ketat mengingat banyak peserta berkelas Olimpiade.

Meski demikian, Indonesia tetap ditargetkan mendapat medali emas seperti raihan pada SEA Games 2011.

"Kita berharap dukungan semua pihak dan insan olahraga di Sumsel untuk menyukseskan kejuaraan bertaraf internaisonal ini," katanya.

 


Editor : Ervan Hardoko
Sumber: