Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Li Na Enggan Jawab Soal Sengketa Pulau

Kompas.com - 24/09/2012, 11:08 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Petenis peutri peringkat delapan dunia asal China Li Na menolak mengomentari krisi politik antara negaranya dan Jepang terkait sengketa Kepulauan Senkaku atau Diayou.

Dalam jumpa pers menjelang turnamen tenis Pan Pacifik Open di Tokyo, Minggu (23/9/2012), panitia penyelenggara berulangkali menyatakan juara Perancis Terbuka 2011 itu tak akan menjawab pertanyaan seputar sengketa wilayah.

"Setelah AS Terbuka saya sedikit mengalami sakit," kata Li Na sambil menahan batuk.

"Saya cukup sibuk. Buku saya telah terbit dan saya sibuk memberi tanda tangan," tambahnya.

Meski diperingatkan, sejumlah wartawan tetap berusaha menanyakan masalah hubungan China-Jepang. Dan semua pertanyaan berbau politik langsung ditolak panitia.

Sengketa wilayah antara China dan Jepang merembet ke wilayah olahraga. Salah satu akibatnya adalah China memboikot turnamen bulutangkis Jepang Terbuka yang baru saja berakhir.

Sementara itu, Jepang membatalkan keikutsertaan tim rugbynya dalam turnamen Asian Sevens Series di Shanghai. Selain itu, tim balap sepeda Jepang juga batal tampil di China karena mengkhawatirkan keselamatan mereka.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com