Jumat, 24 Oktober 2014

News / Olahraga

Jelang GP Singapura

Vettel Bingung Gagal Raih "Pole" dan Terpuruk di Barisan Kedua

Minggu, 23 September 2012 | 00:43 WIB

MARINA BAY, Kompas.com - Sebastian Vettel mengaku bingung dengan apa yang dicapainya pada kualifikasi GP Singapura, Sabtu (22/9/2012) malam. Pasalnya, dia hanya mampu menempati peringkat ketiga sehingga akan start dari barisan kedua, di belakang pebalap McLaren, Lewis Hamilton, dan pebalap Williams, Pastor Maldonado.

Yang membuat pebalap Red Bull Racing ini tambah bingung adalah, dia lebih lambat lebih 0,543 detik dari Hamilton, peraih pole position. Padahal, pebalap asal Jerman ini merasa sangat percaya diri selama kualifikasi yang berlangsung dalam kondisi kering tersebut.

Ya, Vettel tentu memiliki keyakinan tersebut karena dia merajai tiga latihan bebas di sirkuit jalan raya Marina Bay pada Jumat dan Sabtu sore. Tak heran jika juara dunia 2010 dan 2011 ini difavoritkan akan menempati posisi terdepan. Tetapi faktanya berbicara lain, karena di saat menggunakan ban super soft, dirinya tak bisa menjadi yang terbaik.

"Sulit untuk mengatakan apa yang terjadi. Saya bahagia sampai akhir Q2, tetapi kemudian pada Q3 kami tidak bisa membuat langkah maju," ujar Vettel usai kualifikasi tersebut. "Di Q3 saya merasa gripnya tidak begitu bagus untuk mencatat waktu lap yang bagus.

"Tetapi posisi ketiga juga bagus. Yang terpenting adalah besok, dan balapannya panjang sehingga anyak hal yang bisa terjadi. Kami sudah kompetitif sepanjang akhir pekan ini, dan target kami adalah bisa tampil bagus saat balapan."

GP Singapura akhir pekan ini termasuk momen krusial bagi Vettel dalam usahanya mempertahankan gelar juara dunia. Jika bisa menang, maka dia bisa naik ke posisi kedua klasemen sementara dan memangkas jarak dengan pebalap Ferrari, Fernando Alonso, yang kokoh di puncak dengan raihan total 179 poin. Vettel terpaut 39 angka.

Balapan malam ini akan disiarkan langsung oleh Kompas TV mulai pukul 18.30 WIB. Ini merupakan tayangan perdana Formula 1 musim 2012 di Indonesia, setelah Kompas TV mendapatkan hak siar seluruh sisa balapan tahun 2012.

 


Editor : Aloysius Gonsaga Angi Ebo