Selasa, 29 Juli 2014

News / Olahraga

Jelang GP San Marino

Misano, Balapan Terakhir Rossi Bersama Ducati di Kandang

Selasa, 11 September 2012 | 20:53 WIB

KOMPAS.com — Valentino Rossi akan ambil bagian dalam balapan terakhir di rumah sendiri sebagai pebalap Ducati pada GP San Marino di Sirkuit Misano, akhir pekan ini. "The Doctor" bertekad mengukir hasil yang bagus untuk meninggalkan kenangan manis bersama "tim merah" tersebut.

Musim depan, juara dunia tujuh kali MotoGP ini akan kembali bergabung dengan Yamaha, setelah sejauh ini gagal meraih kemenangan bersama Ducati. Nah, GP San Marino mungkin menjadi ajang perpisahan yang indah bagi Rossi di depan fans Italia.

Rossi berasal dari Tavullia, hanya beberapa kilometer dari sirkuit yang baru diganti namanya menjadi Misano World Circuit Marco Simoncelli ini. Di sirkuit tersebut, Rossi pernah mengukir kenangan manis ketika meraih kemenangan bersama Yamaha pada 2008 dan 2009.

Rossi, yang hanya bisa meraih dua podium sejak bergabung dengan Ducati pada 2011, finis di posisi ketujuh pada GP San Marino musim lalu. Dia juga hanya mampu berada di peringkat kelima pada GP Italia di Sirkuit Mugello awal tahun ini.

Nah, akhir pekan ini, pemilik nomor 46 tersebut akan menggunakan rangka dan lengan ayun baru pada Desmosedici GP12. Dia tampak lebih optimistis, setelah Ducati mencoba dua bagian tersebut selama latihan privat di Misano pekan lalu.

"Misano merupakan satu dari dua balapan kandang bagi kami sehingga akan banyak fans dan atmosfernya sangat spesial, seperti biasa yang terjadi ketika balapan di Italia. Treknya menantang dan sulit, tetapi saya sangat menyukainya," ujar Rossi, seperti dilansir Crash.net, Selasa (11/9/2012).

"Sirkuit ini memiliki sejumlah bagian yang sangat menyenangkan, seperti ketika keluar dari tikungan 'Tramonto' dan tikungan yang besar dan cepat setelah lintasan lurus. Kami akan bekerja dengan baik selama sesi latihan supaya bisa bertarung dan mencoba mendapatkan balapan yang bagus."

Manajer Ducati Vittoriano Guareschi juga sependapat dengan Rossi. Dia berharap, dalam penampilan terakhirnya bersama Ducati, Rossi bisa tampil memuaskan.

"Ini menjadi balapan kandang bagi Valentino, dan Misano merupakan putaran spesial baginya," ujar Guareschi. "Kami akan melakukan pengesetan untuk mencoba dan memberikannya kondisi yang ia perlukan agar bisa membalap dengan baik, dan memiliki kecepatan yang konsisten selama balapan."

Saat ini Rossi terpuruk di peringkat kedelapan klasemen sementara, dengan sisa balapan hanya enam seri untuk mengakhiri musim 2012. Akhir pekan ini, Rossi akan kembali berpasangan dengan Nicky Hayden, yang sudah pulih dari cedera akibat kecelakaan hebat saat kualifikasi GP Indianapolis.

Musim depan, Hayden akan berpasangan dengan pebalap Italia, Andrea Dovizioso. Pebalap Yamaha Tech 3 ini sudah memastikan diri akan bergabung, setelah sepakat menandatangani kontrak berdurasi dua tahun.

 


Editor : Aloysius Gonsaga Angi Ebo
Sumber: